Fokus Rohil

Gawat, Kesbangpolimnas Prediksi Golput di Rohil Meningkat

BAGANSIAPIAPI - Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Rokan Hilir (Rohil) memprediksi Golongan Putih (Golput) dalam pemilu 2014 ini akan meningkat, hal ini karna minimnya melakukan sosialisasi ke tengah masyarakat.
 
"Kita (Kesbangpolinmas, red) telah memprediksi golput akan meningkat pada pemilu 2014 ini, karna anggaran kita sangat minim untuk melakukan sosialisasi Pemilu ke tengah masyarakat,"ujar Kepala Kesbangpolinmas Rohil, Ramatul Zamri. Sabtu (8/3) di Bagansiapiapi.
 
Menurutnya, menimnya anggaran untuk melakukan sosialisasi pemilu suatu faktor untuk masyarakat tidak menyalurkan hak suara. Sehingga angka golput akan sangat meningkat, Karna masyarakat  tidak tahu cara melakukan pencoblosan atau memilih,"Pemilu 2014 hanya tinggal menghitung hari, namun tetap sosialisasi tentang pemilu tidak bisa kita lakukan. Karna annggaran sangat minim, namun senin ini (10/3, red) kita akan melakukan rakor bersama dinas dan intansi terkait untuk membahas persiapan dalam penyelengaraan pemilu,"ungkap Zamri.
 
Dia mengatakan, untuk menekan angka golput peran kepenghuluan dan kecamatan sangat di butuhkan untuk melakukan sosialisasi terhadap pemilu 2014 kepada masyarakat, tidak bisa di lakukan hanya di handalkan oleh instansi terkait seperti KPU, Panwaslu dan Kesbapolinmas,"termasuk peran dan fungsi organisasi masyarakat seperti LSM dan yayasan, karna kedua organisasi ini memiliki anggota dan tim yang banyak. Sehingga mampu melakukan sosialisasi ke pada masyarakat,"ungkap Zamri.
 
Disamping itu. Lanjutnya, partisipasi masyarakat dalam menyukseskan Pemilu juga sangat di perlukan, terutama kesadaran dalam melibatkan diri bersama-sama memberikan hak suara dalam memilih memimpin,"kepada masyarakat saya mengajak agar bersama_sama untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu 5 tahun sekali ini, karna suara yang kita berikan sangat menentukan arah pembangunan lima tahun mendatang,"timpal Zamri.(rep07)