Nasional

Asyik, Mobil Murah Sudah Dijual Bulan Juli 2013

Jakarta-Kepastian penjualan mobil murah yang sudah ditunggu masyarakat masih mengambang menjelang kedatangan bulan Mei 2013 ini. Pihak produsen dan lembaga terkait terus memundurkan jadwalnya, dari akhir tahun lalu, dan terus hingga kini. Meski demikian, mereka tetap yakin bahwa tidak lama lagi mobil-mobil di harga Rp 100 jutaan bahkan di bawahnya ini sudah bisa dijual.

"Harapannya paling tidak sudah masuk semester II (selepas Juni) sudah bisa memasarkan," ungkap Sudirman MR, Ketua Umum Gaikindo di sela-sela jumpa pers IIMS, Kamis (25/4).

Meski demikian, memang pengesahan terdiri dari beberapa tahapan. Sekalipun dari pemerintah sudah beres, masih akan dilanjutkan ke tahap lain, di antaranya SK menteri. Hal ini pun tidak terlepas dari sampai selekas apakah pemerintah bisa menuntaskannya.

"Kami masih mengharap, bahwa peraturan pemerintahnya keluar, dilanjutkan dengan SK menteri. Harapannya sudah bisa memasarkan, tapi ya kembali tergantung bagaimana pemerintah ini," tambahnya.

Sebagai gambaran, Astra Daihatsu Motor selaku produsen dari Ayla sendiri hanya berani menyebut bahwa mereka juga dalam posisi menunggu. Mereka hanya terima bisik-bisik dan t etap masih belum mendapat jawaban yang pasti.

"Peraturannya sudah sampai mana? Tadi cerita, 'Sudah di Pak Hattarajasa, Bu, revisi halaman ke-3 ya'. Teman-teman wartawan punya informasi lain, lebih tahu dari saya. Jadi tanya Departemen Perindustrian, departemen terkait lah. Ada lima mereka, kan, yang harus tanda tangan," beber Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, dalam kesempatan sebelumnya.

Daihatsu Ayla

Harga mobil murah memang tidak jauh dari pasaran harga mobil baru, khususnya sedan hingga hatchback di kisaran Rp 100 juta. Mobil baru tentu lebih menggiurkan. Namun, Daihatsu Ayla sendiri sebagai contoh, diprediksi akan dipasarkan dalam empat varian dengan kode D, D+, M, dan X, serta diperkirakan dijual mulai dari Rp 75 juta hingga Rp 105 juta. Adapun Agya lebih mahal Rp 5 juta hingga Rp 10 juta. Harga ini tentu membuat persaingan semakin ketat. (rep02)