Singkirkan Malaysia

Garuda Muda Terbang ke Final

NAY PYI TAW - Tim Nasional Indonesia U-23 melaju ke babak final sekaligus menjaga peluang meraih medali emas cabang sepakbola di ajang SEA Games 2013. Garuda Muda terbang ke partai puncak setelah bermain imbang 1-1 hingga babak tambahan dan berlanjut menang 4-3 pada adu penalti melawan Malaysia.

Pada babak pertama pertandingan yang digelar di Zayyarthiri Stadium, Nay Pyi Taw, Kamis (18/12/2013) sore WIB, Tim Merah Putih unggul lebih dulu lewat Bayu Gatra di menit 30. Gol itu berhasil disamakan oleh Thamil Arasu di menit 85.

Di sisa pertandingan skor seri tetap bertahan. Hingga 2 x 15 menit babak tambahan pun skor 1-1 tetap tak berubah. Pertandingan pun berlanjut ke adu tendangan penalti. Di babak tos-tosan ini, Indonesia menang 4-3. Yohanes Ferinando Pahabol menjadi penentu kemenangan Garuda Muda.

Jalannya Pertandingan
Malaysia mendapatkan peluang pertama di menit 11. Thamil Ambumamee melakukan sepakan keras dari luar kotak penalti tapi masih bisa ditangkap Kurnia Meiga. Peluang itu hasil umpan Ahmad Hazwan Bakri.

Indonesia mendapatkan peluang pertama di menit 13. Tapi, sepakan Fandi Eko Utomo dari luar kotak penalti juga masih belum menemui bidang.

Semenit berselang, Malaysia mendapatkan peluang. Berawal dari tendangan bebas, Kurnia Meiga salah melakukan antisipasi, tapi Egi Melgiansyah bisa mengantisipasi.

Ramdani Lestaluhu tak ketinggalan mencoba peruntungan di menit 22. Tapi, sepakannya itu masih bisa diblok. Peluang itu berawal dari sepakan sudut Bayu Gatra.

Indonesia nyaris menjebol garang Malaysia di menit 25. Tapi, tendangan jarak jauh Yandi Sofyan meneruskan umpan Ramdani masih membentur mistar.

Satu peluang emas didapatkan Indonesia tiga menit kemudian. Egi mengeksekusi bola sepakan bebas yang bisa di tepis oleh Izham Tarmizi, bola muntah disambar Yandi tapi masih melebar.

Indonesia akhirnya bisa menjebol gawang Malaysia di menit 30. Gol itu tercipta atas nama Bayu Gatra. Gol itu berawal dari umpan satu dua dengan Fandi Eko. Dia lepas dari jebakan offside lalu bisa menceploskan bola ke gawang.

Indonesia terus menekan. Yandi Sofyan juga tak mau lelah mencoba peruntungan. Tak maksimal, sepakannya di menit 36 masih melayang.

Malaysia mendapatkan kans emas di masa injury time babak pertama, Irfan mengirim umpan bebas terukur, Fadli Mohd yang meyambut umpan itu malah mengirimnya ke atas gawang. Peluang Malaysia itupun terbuang.

Di sisa pertandindingan tak ada gol tambahan, paruh pertama laga berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia. Sundulan Thamil di menit 52 usai memenangi duel udara belum menuai hasil. Bolanya masih menyamping.

Yandi Sofyan kembali mengancam di menit 60. Usai bekerja sama dengan Fandi Eko, dia melakukan penetrasi dari sayap kiri lalu melakukan sepajan yang masih bisa diantisipasi oleh Izham.

Tendangan Rizky Pellu di menit 70 masih diblok barisan pertahanan Malaysia. Peluang itu berawal dari kemelut akibat sepakan bebas.
Hazwan Bakrie memaksa Kurnia Meiga berjibaku di menit 72. Tendangan Hazwan diblok dengan sempurna oleh Kurnia Meiga.

Malaysia lagi-lagi gagal memanfaatkan peluang di menit 79. Saarvindran memotong umpan dari sayap kanan, namun tendangannya ditankap sempurna oleh Kurnia Meiga. Malaysia bisa menyamakan kedudukan di menit 85. Gol itu diciptakan oleh Thamil, yang melepaskan tembadari dalam kotak penalti Indonesia. Skor sama 1-1.

Andik Vermasah mendapatkan peluang emas di menit 89. Tapi, sundulannya meneruskan umpan silang dari sayap kanan masih menyamping.

Di sisa babak kedua tak ada gol tambahan, pertandingan pun berlanjut ke babak tambahan. Nelson Alom mendapatkan satu kans melakukan sepakan jaraj jauh di 10 menit babak I tambahan. Tapi, masih bisa ditangkap dengan mudah oleh Izham. Babak tambahan habis skor masih sama kuat. Pertandingan pun berlanjut ke babak penalti.

Thamil yang menjadi penendang pertama Malaysia gagal menceploskan bola ke gawang. Sementara di kubu Indonesia, Alfin sukses menjaringkan bola. Kurnia Meiga kembali menahan eksekusi Malaysia, kali ini sepakan Saad Shahrul. Diego membawa Indonsia unggul 2-0.

Nazmi Faiz yang menjadi penendang ketiga Malaysia sukses menciptakan gol, Manahati Lestusen gagal memperbesar keunggulan Indonesia. Fadli Shas kembali membawa kedudukan imbang 2-2. Yandi Sofyan mampu membawa Indonesia unggul 3-2.

Rozaimi sukses kembali membawa kedudukan seimbang. Penendang terakhir Indonesia Yohanes Pahabol menjadi pahlawan kemenangan adu penalti usai eksekusinya masuk. Indonesia menang adu penalti 4-3. Demikian seperti dilansir detiksport. (rep1)