40 Paket Sembako Baru Tersalur

Astaga, 5 Ribu Korban Banjir Rohil Ngungsi

Salah satu sekolah SD di Bagansiapiapi terendam banjir. Mereka harus belajar digenangan air. (rep1)

BAGANSIAPIAPI - Sebanyak 5.000 warga wilayah Rokan Hilir terpaksa mengungsi akibat  banjir yang melanda enam kecamatan di daerah tersebjt. Sayangnya, hingga saat ini baru 40 paket sembako yang didistribusikan untuk korban banjir tersebut.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Sosial Rohil, Sukma Alfalah kepada wartawan, Minggu (15/12/2013). "Sejak banjir melanda hingga saat ini sudah 5.000 warga Rohil yang mengungsi dari rumah-rumah mereka. Dinsos dalam hal ini baru menyerahkan bantuan 40 paket sembako kepada korban. Namun kita usahakan bantuan akan terus berlanjut hingga benar-benar tidak ada pengungsianlagi," ujarnya.

Menurutnya, 5.000 warga yang pemukimanya terendam banjir itu tersebar di Kecamatan Bangko, Pekaitan, Bangko Pusako, Sinaboi dan Tanah Putih Tanjung Melawan. Di enam kecamatan tersebut, hampir semua rumah penduduk terendam banjir. "Lokasi terparah yang terendam air luapan sungai  di Kepenghuluan Labuhan Papan, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan. Nyaris semua warganya mengungsi karena daerah ini rendah," ungkap Sukma.

Dalam melakukan penanganan, katanya, pihaknya terus menerima laporan dari setiap kecamatan yang wilayahnya rawan banjir. Pihaknya kembali membuka posko di beberapa titik. "Kita juga sedang melakukan pendataan terhadap para korban banjir di beberapa kecamatan lainya.Rata-rata daerah pemukiman para korban banjir berdekatan dengan sungai atau areal pertanian sawah," jelas Sukma.

Dia juga menjelaskanya,  ketinggian air rata-rata kecamatan sudah mulai ada penurunan. Namun warga yang mengungsi belum berani kembali ke rumah masing-masing, mengingat saat ini intensitas curah hujan masih cukup tinggi."Saya mengimbau kepenghuluan dan kecamatan segera mengirimkan laporan lagi untuk mendapatkan bantuan darurat," lanjutnya.

Menurutnya, persoalan banjir yang terjadi sifatnya hanya temporer atau sementara. Dia juga menjelaskan geografis wilayah Kabupaten Rohil didominasi daerah rawa sehingga menjadi rawan banjir jika curah hujan tinggi. "Kalau curah hujan terus tinggi, daerah kita menjadi rawan banjir. Kalau sifatnya darurat baru bantuan akan dikondisikan secepatnya," kilah Sukma. (rep1)