Nasional

BPBD Bentuk Tim Siaga Bencana

PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau akan membentuk tim siaga bencana, Jumat (13/12). Sebelum dibentuk, tim yang didatangkan dari berbagai kabupaten/kota di Riau ini dibekali berbagai pelatihan teknis selama dua hari.

"Sebanyak 35 orang mengikuti pelatihan dan yang kita gelar selama dua hari. Mereka berasal dari Inhil, Pelalawan, Kampar, Rohul, Siak, Dumai dan Bengkalis," kata Fery, tim penyelamat dan evakuasi BPBD Riau, Jumat (13/12/2013).

Ia mengatakan, pembentukan tim siaga bencana itu difokuskan bagi daerah rawan bencana alam, sepertil; tanah longsor, banjir dan gempa.  "Mereka kita latih, bagaimana cara terbaik memberikan pertolongan terhadap para korban bencana alam serta evakuasi korban bencana," ungkapnya.

Ia berharap, pelatihan tersebut memberi pemahaman dalam mengenali tanda-tanda lingkungan awal bencana alam terjadi. "Dan bila bencana tersebut datang melanda, masyarakat sudah tahu dan paham apa yang harus mereka lakukan. Sehingga dapat meminimalisir jatuhnya korban jiwa," sebutnya.

Ia juga menghimbau kepada setiap daerah memiliki dan membentuk BPBD di daerah masing-masing. "Seluruh Kabupaten/Kota yang tidak memiliki BPBD maka segeralah membentuknya, karena hal ini sangat penting sekali," tutupnya. (rep1)