Fokus Rohil

Darussalam Bakal Jadi Daerah Berkembang

BAGANSIAPIAPI - Kepenghuluan Darussalam, Kecamatan Sinaboi, yang baru saja dimekarkan dari kepenghuluan induk Sinaboi diyakini bakal berkembang pesat. Karena, secara geografis, Kepenghuluan Darussalam berbatasan langsung dengan Kota Dumai yang memiliki potensi di sektor pertanian maupun perkebunan kelapa sawit.
 
"Salah satu faktor penentu yang bisa menjadikan Kepenghuluan Darussalam untuk cepat berkembang itu, lantaran didukung oleh program pembangunan bidang infrastruktur baik jalan maupun jembatan," ujar Camat Sinaboi, Basri, Kamis (5/12/2013).
 
Apalagi, lanjut Basri, di daerah Sinaboi sudah memiliki jembatan beton yang menghubungkan ke Kepenghuluan Darussalam yang berjarak kurang lebih 6 Kilometer. "Bodi jalan di sana itu sudah diratakan. Malahan saat ini alat berat yang bekerja masuk tahap penimbunan. Dengan begitu, masyarakat di Kepenghuluan Darussalam sangat bersyukur sekali dengan dibukanya akses jalan tersebut. Karena, saat ini untuk sampai ke Darussalam bisa ditempuh lewat jalur darat. Kalau sebelumnya kan hanya pakai sarana alat transportasi air," jelasnya. 
 
Tambah Basri, peningkatan pembangunan jalan lintas Kepenghuluan Darussalam-Dumai yang dibangun Pemkab Rohil terus digesa dan diperkirakan rampung tahun 2014 mendatang. "Kalau jalan lintas itu sudah selesai, saya kira Kepenghuluan Darussalam bisa berkembang pesat. Karena, semua potensi yang dimiliki di sektor pertanian dan perkebunan kelapa sawit bisa lebih dioptimalkan. Karena, kunci mempercepat perkembangan dan kemajuan daerah itu ada pada infrastruktur jalan dan jembatan," beber Basri.
 
Di sisi, meski saat ini ruas jalan itu tahap penimbunan, tetapi sudah memberikan manfaat yang positif. "Kondisinya ya saat musim panas muda dilalui, begitu juga sebaliknya. Tetapi saya yakin kalau sudah selesai jalan itu pasti perekonomian warga meningkat," sebutnya. 
 
Selain itu, daerah lain yang berada wilayah Kecamatan Sinaboi seperti Kepenghuluan Sungai Bakau, Sungai Nyamuk, Raja Bejamu dan Kepenghuluan Sinaboi, sambung Basri, bakal menjadi daerah padat penduduk. "Sebagai daerah yang baru dibuka dan memiliki berbagai potensi, seperti sektor perikanan dan kelautan maupun pertanian dan peternakan serta perkebunan bisa lebih lebih digali lagi," terangnya. (rep1)