Nasional

Festival Bekuda Bono Lombakan Tiga Kategori Selancar

Festival Selancar Bono di Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau, Selasa (19/11/2013). (rep1)
PELALAWAN - Festival Bekuda Bono 2013 di Sungai Kampar, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau, ada tiga jenis perlombaan selancar yakni selancar amatair, profesional dan perlombaan Bekudo Bono itu sendiri. Hari pertama, Selasa (19/11/2013), dipertandingkan untuk kategori selancar amatir.
 
"Peserta selancar amatir 20 orang, tapi kita bagi dua dalam babak penyisihan. Pada hari pertama (kemarin) ada 10 peselancar amatir yang bertanding di babak penyisihan, kemudian Rabu (hari ini), akan ada 20 orang lagi yang bertanding. Dalam masing-masing babak penyisihan, kita ambil tiga orang dari peringkat satu sampai ketiga. Nah, keenam orang yang diambil dari babak penyisihan selama dua hari itu akan bertemu dalam final pada Kamis (21/11/2013) atau hari terakhir Festival Bekudo Bono," kata Koordinator Lapangan Pertandingan Selancar, Hisyam.
 
Hisyam mengatakan, penilaian dalam selancar amatir yakni berdasarkan kecepatan peserta dalam berselancar. Sementara bagi pertandingan selancar profesional penentu kemenangannya didasari pada nilai dan waktu peserta bersurfing.
 
Sedangkan perlombaan Bekudo Bono, lanjutnya, sebenarnya adalah permainan tradisional masyarakat di Kecamatan Teluk Meranti saat belum adanya para peselancar. Dulu, masyarakat bermain selancar bukan dengan papan selancar melainkan dengan sampan tanpa mesin. "Dan itulah yang mereka gunakan dalam menerjang ombak Bono. Dan Bekudo Bono kita pertandingkan untuk mengangkat budaya tradisional masyarakat yang hampir punah," katanya.
 
Untuk perlombaan Bekudo Bono, lanjutnya, pesertanya ada 30 orang yang terbagi dalam dua babak penyisihan. Kemarin sudah ada empat orang yang menjadi juara untuk bertanding di final Kamis besok. (rep1)