Fokus Rohil

Pemkab Janji Atasi Banjir di Bagansiapiapi

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir berjanji segera menangatasi banjir yang terjadi di Bagansiapiapi sejak beberapa hari terakhir. Penanggulangan banjir tersebut dilakukan dengan cara mengeruk seluruh drainase di sepanjang jalan kota tersebut. 

"Penanganan banjir yang terjadi saat ini akan segera di atasi, sudah banyak warga yang mengeluh. Salah satu solusi yang akan dilakukan dengan mengerukan parit dan sungai yang diperkira rawan banjir tersebut," ujar Wabup Rohil, H Suyatno, Jumat (8/11/2013) di gedung DPRD Rohil Bagansiapiapi.
 
Dipaparkannya, belakanggan ini hujan terus terjadi sehingga banyak ruas jalan utama digenangi banjir. Sehingga sangat menganggu aktifitas masyarakat. "Salah satunya seperti kejadian banjir yang sempat terjadi pada akses jalan Pahlawan masuk menuju ke Kota Bagansiapiapi, dan sekeliling Kota sudah hampir habis digenang banjir. Kalau tidak cepat diatasi, banjir bakal meluap hingga ke dalam rumah penduduk," tegas Wabup.
 
Suyatno mengakui, kenyataan banjir ini menimbulkan kerawanan hingga menyebabkan kemacetan jalan. "Kita sudah membahas tentang perlunya penanggulangan banjir di Bagansiapiapi, begitu juga tingginya tingkat sedimentasi karena saluran pembuangan primer tidak dapat lagi menampung debit air hujan. Makanya kita buat master plan-nya agar banjir di Bagansiapiapi dapat dicarikan solusi yang tepat," paparnya.  
 
Secara khusus di Bagansiapiapi, lanjut Suyatno, pemerintah melalui dinas terkait segera melakukan normalisasi atau pembukaan parit dan sungai antara lain di Kelurahan Bagan Timur, Sungai Pabrik di Bagan Punak dan Sei Kerang di Bagan Jawa. "Perlu dibongkar kembali, sebagai salah satu upaya penanganan banjir. Juga telah disusun studi kajian pembangunan jalan lingkar agar dapat segera dituntaskan pelaksanaan jalan Lintas Pesisir," tegasnya. 
 
Pernyataan ini disampaikan terkait keluhan masyarakat dan pandangan sejumlah fraksi beberapa waktu lalu di DPRD, yakni mengenai situasi terkini di Rohil yang dinilai mulai mengalami kejadian banjir meskipun belum pada tahap yang mengkhawatirkan. 
 
Belakangan, beberapa ruas jalan di Bagansiapiapi digenangi air dengan ketinggian rata-rata diatas mata kaki pria dewasa. Namun sudah ada juga sebagian rumah yang berada di Bagan Jawa dan kelurahan Bagan Timur yang terendam banjir. (rep1)