Fokus Rohil

3.873 Warga Tanjung Melawan Terima Kartu Jamkesmas

TANJUNG MELAWAN - Sebanyak 3.873 jiwa warga miskin di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan mendapatkan kartu Jaminan kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Kartu Jamkesmas disitribusikan melalui pihak kepenghuluan masing-masing. Kepala Puskesmas Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, dr Yusdiana kepada Wartawan, Sabtu (20/4) lalu mebenarkan hal itu. 

 
Dirinya mengatakan, penyerahan kartu Jamkesmas tersebut telah diserahkan ke pihak kecamatan belum lama ini. "Kartu Jamkesmas-nya sudah kita serahkan ke pihak kecamatan, selanjutnya pihak kecamatan yang akan membagikan ke kepenghuluan masing-masing. Kini proses pembagiannya sedang berjalan," jelas dr Yusdiana.
 
Dijelaskannya, kartu Jamkesmas ini berfungsi memudahkan peyanana kesehatan bagi warga miskin. "Warga miskin yang belum masuk sebagai peserta Jamkesda kita berikan Jamkesmas. Ini ertujuan memudahkan mereka untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis," katanya.
 
Untuk menyukseskan program gratis tersebut, kata Yusdiana, pihaknya terlebih dahulu melakukan sosialisasi terhadap pemangku kepentingan yang hadir saat itu. "Apa fungsi dan bagaimana penggunaan kartu Jamkesmas tersebut. Kita telah melakukan sosialisasi tentang penggunaan kartu Jamkesmas tersebut. Misalnya, sampai dimana pelayanannya, penyakit apa saja yang bisa ditangani dan hal-hal lainnya,” terangnya.
 
Dalam sosialisasi tersebut, tambah Yusdiana, pihaknya sekaligus membagikan kartu Jamkesmas sebanyak 3.873 jiwa peserta kepada Sekcam Tanjung Melawan, Mursal dan pembagian kartu tersebut akan dibantu pihak kepenghuluan, selanjutnya dibagikan kepada masyarakat. 
“Sebelum dibagikan, terlebih dahulu kita memberi pemahaman kepada masyarakat. Kita ingin program ini terlaksana dengan baik,” tukasnya.
 
Sementara Sekcam Tanjung Melawan, Mursal SH meminta kepada pihak lima kepenghuluan yang ada di Kecamatan Tanjung Melawan, diantaranya, Kepenghuluan Melayu Besar, Kepenghuluan Melayu Tengah, Kepenghuluan Batu Hampar, Kepenghuluan Mesah dan Kepenghuluan Labuhan Papan, untuk dapat diminta kerjasamanya membagikan kartu Jamkesmas tersebut. 
 
"Kartu ini sangat membantu sekali untuk masyarakat kita yang membutuhkan, untuk itu kita berharap kartu ini diterima langung yang telah tertera namanya," pungkas Mursal. (rep-02).