Nasional

Disdik Pekanbaru Kewalahan Cari Guru Teknik Grafika

 

PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru mengaku kewalahan mencari guru Tekhnik Grafika untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Malahan, pada pembukaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) belum lama ini, khusus untuk tenaga pendidik desain grafis tersebut nihil pelamar.
 
Hal ini diakui Kabid Pengembangan SMA dan SMK Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Kamis (7/11/2013). "Padahal saat pembukaan CPNS belum lama ini kita berharap dibukanya formasi untuk guru Teknik Grafika bisa diminati pelamar. Sebab, saat kita buka untuk honorer saja khusus guru ini tak terpenuhi. Jadinya memang kita kesulitan mencari guru dibidang studi Teknik Grafika ini," sebutnya.
 
Ternyata, penerimaan CPNS tak satupun guru menyentuh bidang ini untuk memasukkan lamaran. "Kita harap selanjutnya ada guru yang mau melamar dibidang ini. Karena memang sangat dibutuhkan," harap Abdul Jamal, 
 
Dijelaskannya, untuk memenuhi kebutuhan guru Teknik Grafika, belakangan pihaknya terpaksa mengambil tenaga lepas yang menguasai bidang tersebut sesuai kualifikasi. "Mereka (tenaga lepas) yang kita berdayakan itu statusnya tenaga kontrak SMK. Namun keberadaan guru bersangkutan tidak menetap dan hanya tiba saat jam pelajaran dibutuhkan," terangnya. 
 
Padahal, tegas Jamal, guru Teknik Grafika termasuk yang prioritas dan paling dibutuhkan di Pekanbaru. "Kalau dihitung-hitung, masing-masing SMK memerlukan guru Teknik Grafika sebanyak dua orang," tuturnya. 
 
Program Studi Teknik Grafka dirancang secara khusus untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi, pengetahuan, keahlian dan keterampilan di bidang teknik mencetak yang mencakup pracetak, produksi cetak, dan pasca-cetak, serta memiliki kemampuan untuk berwirausaha di bidang industri kreatif. Program ini sangat sesuai dengan keinginan calon mahasiswa dalam meniti karir di bidang industri grafika. (rep1)