Sport

Akhirnya Dayung Rebutkan Medali di Porprov Inhu

 

PEKANBARU - Cabang olahraga dayung akhirnya dipertandingkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau di Inderagiri Hulu (Inhu) VIII 2014 mendatang, dengan memperebutkan medali. Diperebutkannya medali itu setelah Pengprov Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Riau mengancam mogok ikut Porprov apabila tampil hanya sekedar eksebisi (tanpa perebutan medali).
 
Dengan demikian, cabang dayung akan berpartisipasi di Porprov VIII Inhu 2014 mendatang bersama 18 cabang olahraga lainnya. Untuk itu, PODSI Riau meminta pengurus kabupaten/kota mempersiapkan atletnya yang akan bertanding nantinya.
 
Hal ini dikatakan Ketua Harian Pengprov PODSI Riau, Sanusi Anwar, Kamis (7/11). Dirinya menambahkan, telah menyiapkan segala sesuatunya jelang Porprov Riau tersebut. "Sedikitnya ada sembilan nomor yang bakal dipertandingkan. Tetapi dari sembilan nomor itu seluruhnya ada pada Dragon Boat," sebut Sanusi Anwar. 
 
Secara rinci, sebutnya, kesembilan nomor tersebut antara lain jarak 1.000 meter putra/putri, 500 meter putra/putri dan 250 meter putra/putri. "Sembilan nomor itu sudah memenuhi persyaratan untuk dipertandingkan dalam perebutan medali," tambahnya. 
 
Mengenai venue, lanjut Sanusi, Pengprov PODSI Riau telah melihat kondisi Danau Baru di Inhu. Danau tersebut dinilai layak dan mampu mempertandingkan nomor 1.000 meter. Termasuk juga fasilitas-fasilitas di sekitaran danau. 
 
Di balik itu, dari empat cabang seperti dayung, panjat tebing, aeromodelling dan biliar yang diusulkan untuk dipertandingan hanya dayung yang baru diloloskan memperebutkan medali. Sementara sisanya malah ada yang ditolak tanpa eksesbisi seperti biliar. Sedangkan cabang olahraga aeromodelling masih status eksebisi, dan cabang biliar dicoret. (rep1)