Nasional

Duh, Bocah Penderita Hedrocepalus Rohil Ditolak RSUD Arifin Achmad

ilustrasi

BAGANSIAPIAPI - RSUD Arifin Achmad Pekanbaru menolak pasien penderita hedrocepalus asal Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Ironisnya, Dinas Kesehatan (Diskes) Rohil belum mengambil tindakan untuk menolong bocah malang itu atas penolakan pasien.

"Kalau ditolak pasien kita (Rohil, red) walau menggunakan kartu Jamkesmas atau lainnya, perlu diteliti dahulu. Sebab, jika menggunakan jaminan kesehatan pemerintah, maka tak ada alasan ditolak selagi peralatan untuk mengobati pasien ada di rumah sakit itu," sebut Kadis Kesehatan Rohil, dr HM Junaidi Saleh M Kes, Rabu (6/11/2013).
 
Tetapi, Diskes Rohil hanya bisa berjanji mempertanyakan masalah ini ke RSUD Arifin Achmad saja. "Kita belum bisa berbuat sebelum tahu apa persoalan yang terjadi sebenarnya. Karena selama ini segala bentuk penyakit yang diderita pasien asal Rohil cepat ditangani RSUD Arifin Achmad Pekanbaru,"ujarnya.
 
"Kecuali kalau alat untuk berobat pasien tidak ada, makanya disuruh pulang, itupun tidak ditangani lebih dahulu, minimal dirawat sejenak. Kalau hal ini benar adanya, penolakan harus kita pertanyakan. Apa dokternya tidak ada, atau alat medisnya yang tidak ada," tegas Junaidi. (rep1)