Sosialita

BPA Gelar Lomba Karya Tulis Pelajar

BAGANSIAPIAPI - Badan Perpustaan dan Arsip (BPA) Kabupaten Rohil akan menggelar perlombaan karya tulis antar pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Kegiatan ini untuk tujuan menumbuhkan minat baca pelajar demi mencerdaskan kehidupan bangsa.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Rohil, Tuti Safitri, Rabu (6/11/2013). Dikatakannya, lomba karya tulis sekaligus untuk memotivasi siswa lebih kreatif dalam menyalurkan bakatnya menyangkut karya tulis itu sendiri. 
 
Adapun materi lomba yang akan dipertandingkan, ujar Tuti, menyangkut dengan sejarah kedaerahan. "Artinya, siswa membuat karya tulisan tentang terbentuknya Kabupaten Rohil, sejarah terbentuknya kota Bagansiapiapi, perkembangan pembangunan di Kabupaten Rohil, dan kepariwisataan daerah," terangnya.
 
Dalam perlombaan ini siswa diperbolehkan mengutip hasil karya dari majalah, koran, surat kabar, narasumber tokoh sejarah, serta literatur buku sejarah, sehingga siswa lebih konsumtif memperoleh bahan-bahan bacaan yang sudah tersedia di perpustakaan daerah.
 
"Peserta khusus SD hanya murid kelas V, dan siswa SMA cuma kelas IX. Ini program awal, mudah-mudahan jika sudah berjalan dan hasilnya memuasakan adanya pertumbuhan minat baca siswa, maka program akan berkelanjutan. Saya pribadi ingin agar siswa dapat meningkatkan daya tangkap, kreativitas dan logika berfikir, wawasan dan pengetahuannya." sebutnya.
 
Masih katanya, pemerintah daerah telah berupaya dalam meningkatkan mutu kualitas SDM, salah satunya dengan menyediakan sarana kenderaan perpustakaan keliling, dengan tujuan menumbuh kembangkan minat baca pelajar dan masyarakat.
 
"Saya yakin jika pertumbuhan minat baca anak bertambah secara otomatis mutu kualitas SDM berkualitas, Ini semua tentunya sangat terkait dengan pendidikan secara tidak langsung."timpalnya dengan yakin. (rep1)