Sport

Dispora Wacanakan Pementukan PPLP Atlet Paralimpian

PEKANBARU - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) berencana membentuk Pusat Pelatihan dan Pendidikan Pelajar (PPLP) untuk atlet penyandang cacat atau atlet paralimpian. Wacana ini diberlakukan demi peningkatan prestasi atlet menghadapi berbagai iven seperti Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas).

Demikian hal tersebut diungkapkan Kadispora Provinsi Riau, Edi Satria (28/10/2013) di Pekanbaru. "Sudah ada memang pemikiran kita untuk membentuk PPLP untuk atlet-atlet paralimpian. Apakah nantinya melalui Dinas Pemuda dan Olahraga atau diserahkan langsung kepada NPC melalui dana hibah" ujarnya.
 
"Ini menjadi angan-angan kita kedepan dan insya Allah akan kita upayakan. Apakah itu 2014 nanti atau 2015," lanjutnya. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya sinergi antara NPC (National Paralympic  Committe)  dan Pemerintah dan dukungan lainya. Bagaimana untuk membuat atlet paralimpik ini kedepan lebih baik.
 
Ketika ditanya cabang olahraga apa saja yang akan dibentuk PPLP, Edi mengatakan belum ada pemikiran sejauh itu. "Kalu Cabor-Cabornya belum ada pembicaraan sejauh itu. Kita lihat nanti. Apakah PPLP nya satu saja tapi oleh banyak cabor. Kita akan upayakan, ini adalah cita-cita kita. Kita lihat apakah 2014 atau 2015 yang terpenting saat ini kita gagas dulu bersama," ujarnya.
 
Sementara itu, Ketua National Paralympic Committe (NPC) Riau, Jaya Kusuma menyambut baik niat baik dari Dispora tersebut. "Tentu saja kita sambut positif niat baik ini. Dan mudah-mudahan dengan dukungan ini bisa sama-sama mendukung apa yang menjadi cita-cita Dispora dan NPC ini," harapnya. (rep1)