Ribuan Hektar Lahan Rusak Berat

Annas Perintahkan Dinas PU Atasi Abrasi Sungai Jumrah

RIMBA MELINTANG - Akibat abrasi sungai Jumrah di Kepenghuluan Pematang Sikek, Kecamatan Rimba Melintang, ribuan hektar lahan warga di Daerah Aliran Sungai (DAS) rusak berat. Kejadian ini sempat menarik perhatian Bupati Rohil, H Annas Maamun dan meninjau lokasi tersebut. 

Mengetahui kondisi itu, Annas langsung memerintahkan dinas terkait untuk mencarikan solusinya. "Kejadian ini sudah sangat mengkhawatirkan. Kita minta dinas terkait segera mengatasi abrasi sungai Jumrah agar lahan yang rusak tidak berkelanjutan," tegas Annas belum lama ini di sela menyerahkan bantuan kepada petani. 
 
Bahkan, Annas tidak mau masalah ini menimbulkan perekonomian warga terpuruk sehingga secepatnya harus diatasi. "Kalau sudah kerusakannya lebih luas. Pasti menimbulkan yang sulit dipecahkan. Untuk itulah Dinas PU dan lainnya harus mengatasi masalah ini secepatnya. Jangan sampai menganggu perekonomian masyarakat," pintanya. 
 
Untuk mencegah abrasi tidak meluas, Annas menyarankan Dinas PU membuat tanggul beton. "Tapi sebelum pembangunan tanggul dilakukan harus pula dimatangkan pengkajiannya oleh konsultan ahli. Dengan begitu benar-benar tepat sasaran mengatasinya," sebutnya. 
 
Camat Rimba Melintang, H Syamzami mengakui hal tersebut. "Jika kita total, sudah ribuan hektar lahan pertanian dan perkebuanan rusak. Belum lagi rumah penduduk yang ambruk akibat abrasi ini. Rata-rata hancur digerus gelombang sungai Jumrah," jelasnya tanpa  merinci angka pasti kerusakan lahan. (rep1)