Bangunan Memprihatinkan

Pustu dan SMPN 1 Pekaitan akan Direnovasi

wabup Rohil H Suyatno

 

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) berjanji akan merenovasi Puskemas Pembatu (Pustu) dan SMPN 1 Kecamatam Pekaitan tahun depan. Renovasi itu mengingat kondisi kedua bangunan sangat memprihatinkan dan perlu segera dibenahi. Sehingga, pelayanan kesehatan maupun proses belajar mengajar bisa lebih maksimal lagi di masa mendatang.
 
"Saya bersama salah seorang anggota DPRD sudah datang ke Kecamatan Pekaitan. Kita sudah meninjau gedung Pustu dan SMPN 1 di sana kondisinya sangat memprihatinkan. Makanya ini perlu segera direnovasi, kalau tak dapat tahun, maka kita pastikan tahun depan akan dimulai pengerjaanya," tegas Wakil Bupati, H Suyatno, pekan lalu. 
 
Ditambahkan Suyatno, bangunan kedua sarana pemerintah itu kondisinya sudah mengalami kerusakan di beberapa ruangan. Selain itu, fasilitas sarana dan prasarananya dinilai masih sangat minim sekali. "Makanya, kita coba bicarakan masalah ini kepada Bappeda. Dimana, bangunan ini harus ditingkatkan. Fasilitas sarana dan prasarananya harus dilengkapi. Sehingga, pustu itu nanti dapat memberikan pelayanan di bidang kesehatan secara maksimal. Ini harapan kita," jelasnya. 
 
Selain itu, tambah Suyatno, kondisi serupa turut ditemukan di SMPN 1 Pekaitan. "Gedung SMPN 1 itu tidak memiliki halaman. Jadi, siswa dan gurunya tidak bisa melaksanakan upacara. Karena, halamannya sering terendam banjir," lirihnya. 
 
Lanjut Suyatno, sementara Pustu tersebbut sudah mengalami kerusakan parah. Sehingga, Pustu dan SMPN 1 Pekaitan bakal dibenahi dan ditata dengan rapi agar bisa lebih baik lagi ke depannya. "Kita coba membenahi kedua gedung itu. Hanya saja, pembenahan dan penataannya kita agendakan tahun 2014 mendatang, karena saya kita tahun ini sangat minim dilakukan akibat mepetnya waktu pelaksanaan yang sudah mendekati akhir tahun. Intinya, semuanya kita laksanakan secara bertahap," janjinya. (rep1)