Fokus Rohil

Jumlah Naker Urus AK1 Membludak.

BAGANSIAPIAPI - Jumlah pencaker yang mengurus kartu AK1 (kartu kuning) pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertran) Rokan Hiilir terus bertambah, tercatat dari tanggal 30 Agustus hingga 8 September meningkat sebanyak 255 orang, dan dikalkulasikan 20-30 orang perharinya.

"Dari data saat ini, Januari hingga September 2013 total jumlah pencaker di Rohil sebanyak 741 orang, namun dari 30 Agustus hingga 8 September berjumlah 255  dengan rincian yaitu jenjang pendidikan tamatan SMA sebanyak 65 orang, Diploma (D3) sebanyak 255 orang, strata 1 (S1) sebanyak 421 orang. Persentasenya belum dpat dihitung secara keseluruhan, karna pencaker masih terus berdatangan, namun data yang masuk baru 255 orang selama 10 hari, rata-rata perhari sebanyak 20 sampai 30 orang,"Ujar Kadisnakertrans Rohil H Arsyad melalui Kabid Informasi Perluasan dan Pelatihan Tenaga Kerja H Irjan, Kepada Rohilonline, Senin (9/9) di ruang kerjanya.

Pencaker yang mengurus kartu AK1, menurutnya, lebih banyak yang memperpanjang masa berlaku kartu, kemudian ada rencana pemerintah daerah membuka lowongan penerimaan pegawai negeri (CPNSD). Sementara, kartu AK1 menjadi salah satu syarat kepengurusan CPNSD tersebut.

"Kalau dilihat daftarnya lebih banyak yang memperpanjang daripada yang mengurus baru, kartu ini habis masa berlakunya hanya 2 tahun.  Dan bagi pencaker yang belum bekerja diharuskan melapor setiap 6 bulan sekali."ungkapnya.

Pengurusan kartu AK1 ini, harus disesuikan dengan tempat domisili, artinya pencaker merupakan warga Rokan Hilir dan bukan berasal dariluar daerah."Biasanya kalau ada pencaker yang menyodorkan KTP luar, kita sarankan supaya mengurus didaerah asal, agar lebih mempermudah, dan Disnakertran lebih teliti untuk mengurus AK 1 khusus untuk KTPp lain, hal ini untuk menghindar AK 1 ganda,"ujarnya.

Adapun syarat mengurus kartu AK1, ujar Irjan, pencaker harus memnuhi syarat melampirkan fotocopi KTP, KK, ijazah terakhir, pas foto 3x 4 rangkap 3."Sejauh ini kita belum dapat info akurat tentang penerimaan CPNSD, biasanya kalau dapat akan langsung dikonfirmasi pada pencaker,"sebutnya.(rep7)