Politik

IKBR Minta Etnis Batak Memilih

PEKANBARU – Pengurus Ikatan Keluarga Batak Riau (IKBR) mengimbau warga etnis Batak di Riau menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Provinsi Riau, 4 September nanti.

Seruan tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi minimnya tingkat partisipasi pemilih akibat  keterbatasan sosialisasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau. "Banyak etnis Batak tak tahu soal Pilkada Riau. Padahal, jumlahnya sangat signifikan," kata Cornelius Barus, Ketua Umum IKBR, di Pekanbaru, Jumat (30/8/2013).

Menurut Barus, Pemilukada Riau adalah juga tanggungjawab warga Batak di Riau. "Jadikan Pemilukada sebagai momentum untuk ikut berpartisipasi dalam menentukan nasib Riau ke depan," ucapnya.

Apalagi, lanjut Barus, Pemilukada Riau kali ini tidak mewajibkan pemilihnya terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT). "Cuma bawa KTP Riau, sudah bisa memilih," katanya.

Pada kesempatan itu, Barus menyebutkan dari lima pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang bertarung di Pemilukada Riau, IKBR melihat hanya ada dua pasangan yang menghormati keberagaman etnis dalam membangun Riau ke depan. "Yakni pasangan nomor urut 2, Annas Maamun dan Arsyadjuliandi; serta pasangan nomor urut 5, Jon Erizal dan Mambang Mit," katanya. (rep1)