Fokus Rohil

Penjaga Masjid akan Diberi Rumah dan Gaji

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir berjanji akan memberikan rumah dinas dan gaji yang layak untuk seluruh penjaga masjid raya di seluruh kecamatan. Anggaran inipun bakal terus dimasukkan ke dalam APBD demi memberikan semangat kepada para petugas.

"Pemkab Rohil tidak hanya membangun masjid raya di setiap ibukota kecamatan,  tapi juga akan memberikan gaji dan menyediakan fasilitas berupa rumah dinas bagi petugas dan penjaga masjid yang dibiayai melalui APBD Rohil," janji Bupati Rohil, H Annas Maamun, Sabtu (17/8/2013) di Bagansiapiapi.

Menurutnya, program seiring pembangunan masjid raya di setiap ibukota kecamatan melalui APBD. "Sehingga, tidak ada lagi yang namanya masjid raya di kecamatan seperti tak terurus. Apalagi Rohil dijuluki negeri seribu kubah. Hal ini di lakukan supaya warga mudah untuk beribadah," sebutnya.

Untuk itu, petugas kebersihan masjid raya diharapkan lebih giat bekerja demi kenyamanan warga dalam beribadah. "Masa kalau sudah diberi gaji bermalas-malasan bekerja. menjadi petugas kebersihan masjid itu sangat mulia. Tujuannya kan supaya masjid tetap bersih dan indah sambil beribadah," harapnya.

Kini, dari seluruh masjid raya di tiap kecamatan, Pemkab Rohil telah membangunkan enam rumah dinas bagi petugas. "Ini akan terus dilanjutkan. Sekarang kan masjid raya di kecamatan yang sudah memiliki rumah dinas dianataranya, Kecamatan Bangko, Bagan Sinembah, Batu Hampar, Bangko Pusako, Tanah Putih, dan Pujud. Makanya seluruhnya harus ada rumah dinasnya," tegas Bupati.

Sementara total masjid dan mushala yang ada di seluruh kecamatan di Rohil masih tahap pembangunan oleh Pemkab jumlahnya mencapai ratusan unit. "Sejak tahun 2012 Masjid, sudah hampir 532 masjid yang kita bangun dengan menggunakan dana APBD," sebutnya. (rep1)