Riau Raya

Sempena HUT RI, Pemprov Riau akan Santuni Veteran

ilustrasi

PEKANBARU - Memasuki Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-68 dan HUT Provinsi Riau ke-56, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan menyantuni para veteran yang telah berjasa mempertahankan Indonesia dan Riau. Santunan itu akan dilaksanakan sehari jelang upacara HUT RI sekaligus menggelar malam renungan suci untuk mengenang arwah para pejuang di makam Pahlawan, Jalan Sudirman, Pekanbaru.

Hal ini ditegaskan Wakil Gubernur Riau, HR Mambang Mit, disela rapat lanjutan persiapan kedua agenda tersebut. Karena, tegas Mambang, dalam perayaan HUT RI, tidak hanya diisi kegiatan ceremoni belakan dan beragam kegiatan lainnya.

"Saya tidak mau memperingati HUT Kemerdekaan RI dengan hanya menggelar acara ceremoni, lalu selesai. Harus menghargai jasa para pahlawan. Makanya saya minta para veteran yang masih hidup harus mendapatkan santunan," tegasnya, Selasa (13/8/2013)

Selain itu, lanjutnya, rangkaian acara dimulai pada tanggal 16 Agustus, seperti melakukan pertemuan dengan para veteran dan pensiunan PNS. "Santunan ini sangat baik. Baru pada malam 17 Agustus, ada acara renungan suci di taman makam Pahlawan, dan inspektur upacaranya adalah Kapolda Riau. Biarlah saat upacara HUT RI tanggal 17 Agustus-nya yang jadi inspektur upacara saya sendiri selaku Wagubri," jelasnya.

Setelah upacara HUT RI, ungkap Wagubri, pihaknya akan mengunjungi Lapas Pekanbaru untuk menyaksikan pemberian remisi. "Kita juga menghimbau kepada masyarakat dapat menyaksikan acara detik-detik proklamsi, dan dapat menumbuhkembangkan solidaritas jiwa pejuang kita terdahulu dalam membangun daerah," harapnya. (rep1)