Hukum

Mudik, Pengemudi akan di Tes Urine

ilustrasi

PEKANBARU - Dinas Perhubungan(Dishub) Kota Pekanbaru mewajibkan seluruh sopir angkutan lebaran untuk melakukan tes urine sebelum mengemudi. Tindakan sebagai upaya menekan angka kecelakaan.

"Kita mewajibkan para sopir dan kenek untuk tes urine sebelum mengemudi. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas saat mudik lebaran," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Dedi Gusriadi, Kamis (1/8).

Dijalaskan Dedi, tes urine akan mulai dilakukan, pada H-5 di Pos  yang sudah ditentukan. Mulai hari ini posko mudik telah aktif. Ada tiga posko yang disediakan, yakni terminal Bandar Raya Payung Sekaki, Pelabuhan Sungai Duku, dan Dishub Kota sendiri. Namun untuk melakukan test urine hanya didua posko saja.

Menurut Dedi, pihaknya menyediakan kamar kecil dan tenaga serta alat tes yang disiapkan BNN (Badan Narkotika Nasional) yang bekerjasama dengan PT Jasa Raharja. "Jika nanti ada terbukti sopir atau kenek yang menggunakan narkoba dan minuman keras, maka akan langsung dilakukan pergantian sopir. Yang jelas kita ingin memberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang hendak mudik dengan menggunakan angkutan lebaran," tutupnya.

Sementara, di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru telah dibangun pos operasi ketupat dimulai pada, Kamis (1/8) lalu. Hal ini dipersiapkan untuk memantau kelancaran arus mudik, khususnya jalur perairan.

Kepala Pos Syahbandar Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru, Nuriyadi mengatakan, hal ini sebagai bentuk pengamanan terhadap arus mudik. Pasalnya posko lebaran telah dimulai dan siap untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi warga yang menggunakan transportasi air sebagai pilihan mudik. "Posko ini selain memantau arus mudik juga akan memantau arus balik hingga H+7 setelah lebaran," ujarnya.

Dikatakannya, Lebaran tahun ini, pihak syahbandar dibantu, Polri, Dinas kesehatan, Sap Pol PP, Tim Sar, Karangtina, ADPEL, Dishub Kota, Asuransi, dan sejumlah instansi terkait lainnya yang akan melakukan pengamanan arus mudik.
"Selain melakukan pemantauan di posko lebaran pihak Syahbandar dan dibantu sejumlah instansi terkait lainya akan melakukan patroli diperairan untuk memastikan kelancaran dan keamanan arus mudik tahun ini," jelasnya. (rep1)