Hukum

Sekertaris DKPP Rohil Dibacok Mantan Anggotanya

DIBACOK - Sekretaris DKPP Rohil, Iwan Kurnia dibacok mantan anggotanya diduga karena dendam, Selasa (30/7). (rep1)

BAGANSIAPIAPI - Iwan Kurnia, Sekretaris Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pasar (DKPP) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) terpaksa dilarikan ke RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru, Selasa (30/7) sore. Dia menderita luka parah setelah dibacok mantan karyawan DKPP.

Kepala DKPP Rohil, Suwandi, menuturkan kejadian itu terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Ketika itu, Iwan sedang mengendarai sepeda motornya menuju Bagansiapiapi dari Bagan Punak. "Saat di Jembatan Arang Anyir Kilometer 4, pelaku menghampiri korban dan langsung membacok dengan parang," tutur Suwandi yang dijumpai Metro Riau di ruangan Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Umum Sutomo, Bagansiapiapi.

Suwandi memastikan pelaku adalah mantan karyawan DKPP yang bekerja sebagai petugas kebersihan. Pelaku dipecat korban tiga bulan lalu. "Saya tak bisa berspekulasi soal motif pelaku, apakah karena sakit hati atau tidak. Yang pasti, pelaku adalah mantan karyawan DKPP," kata Suwandi.

Namun, Suwandi tidak menjelaskan penyebab pemecatan pelaku oleh korban. Dia hanya menyesalkan keduanya tidak bisa menyelesaikan perselisihan mereka secara kekeluargaan. "Saya tak tahu apa permasalahan mereka sebenarnya. Setahu saya, keduanya orang baik dan rajin bekerja," papar Suwandi.

Selanjutnya, Suwandi berharap keluarga korban dan pelaku menahan diri dan menyerahkan pengusutan masalah ini kepada polisi. "Sebaiknya, semua pihak, terutama keluarga korban dan pelaku bersabar dan menahan diri," harap Suwandi.

Pelaku sendiri telah ditangkap polisi tak jauh dari lokasi kejadian. Menurut Kanitreskrim Polsek Bangko, Iptu Manapar S, pihaknya akan memeriksa beberapa orang yang melihat peristiwa pembacikan itu sebagai saksi.

"Begitu mendapat laporan, kita langsung turun ke lapangan dan menangkap pelaku tak jauh dari lokasi. Dia tak melawan saat hendak ditangkap. Kini, pelaku kita amankan di kantor polisi," terang Manapar.

Akibat pembacokan itu, Iwan menderita luka parah di sekitar lengannya. Dia langsung dilarikan warga ke UGD RSU Sutomo, Bagansiapiapi. Setelah mendapat perawatan intensif, Iwan dirujuk ke RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru.

Kejadian ini menggemparkan warga, terutama pegawai di DKPP Rohil. Mereka berbondong-bondong memadati RSU Sutomo untuk melihat korban. Akibat kedatangan mereka, lalulintas di depan rumah sakit milik Pemkab Rohil itu macet total. (rep1)