Hukum

Tingkatkan Kewaspadaan Jelang Lebaran

Kapolres Rohil AKBP Tonny Hermawan SIK

UJUNG TANJUNG - Kapolres Rokan Hilir, AKBP Tonny Hermawan R SIK mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan jelang lebaran terhadap pelaku kejahatan musiman. Hal ini dilakukan dikarenakan kejahatan bisa terjadi bukan saja karena niat pelakunya, tapi karena ada kesempatan.

Hal ini ditegaskan Tonny usai sholat Jumat di Masjid Mapolres Rohil, Jumat (19/7).

Selain itu, Rohil juga termasuk daerah yang rawan terhadap angka kecelakaan lalulintas, khususnya di jalur lintas Riau-Sumut. "Kita akui hal itu. Namun masyarakat juga harus tertib berlalulintas. Pesan ini juga saya minta agar disampaikan kepada seluruh anggota keluarga agar dapat terhindar dari maut," tegasnya.

Dijelaskan nya, berdasarkan evaluasi dari pihaknya, permasalahan lakalantas dan rawan tingkat kejahatan lainnya dipicu akibat kurangnya kesadaran warga dalam menugkatkan kewaspadaan. "Pengamanan bukan hanya tugas dan tanggung jawab kepolisian semata, butuh kerjasama kita semua. Karena perbandingan jumlah personil kita dengan masyarakat sangat jauh berbeda," ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya meminta warga agar secepatnya melaoprkan tindak kejahatan maupun kecelakaan ke polisi terdekat untuk mencegah dampak lanjutan. "Yang terpenting, kita akan berupaya menngkatkan kewaspadaan masyarakat. Saya harap jika warga menemukan permasalahan kejahatan atau lainnya yang berhubungan dengan tugas kepolisian silakan laporkan peristiwa tersebut di pos-pos pengamanan lebaran," harapnya. (rep/01)