Sport

Juara Wembledon, Andy Murray Akhiri Penantian 77 Tahun

London - Kesuksesan Andy Murray menjadi juara Wimbledon 2013 menorehkan catatan khusus. Murray mengakhiri penantian Inggris Raya selama 77 tahun untuk gelar juara Wimbledon dari nomor tunggal putra.

Murray memenangi laga final di Centre Court melawan Novak Djokovic, Minggu (7/7) malam WIB. Petenis kelahiran Skotlandia itu mengalahkan Djokovic tiga set langsung 6-4, 7-5, 6-4 dalam pertandingan yang berlangsung selama tiga jam delapan menit.

Gelar juara ini tak hanya dinantikan oleh Murray yang sebelumnya memang belum pernah memenangi Wimbledon. Titel ini juga sudah sangat dinantikan oleh publik Inggris Raya.

Pasalnya, kali terakhir petenis Inggris Raya memenangi Wimbledon terjadi 77 tahun lalu. Hal itu dilakukan oleh Fred Perry di tahun 1936.

"Aku menyadari betapa setiap orang ingin melihat orang Inggris Raya menjadi pemenang di Wimbledon dan aku harap semuanya menikmati ini," ujar Murray seusai pertandingan seperti dikutip BBC.

"Aku harap kalian semua menikmatinya. Aku melakukan yang terbaik!" seru petenis rangking dua dunia itu.

Gelar juara di Wimbledon ini menjadi gelar grand slam kedua bagi Murray. Sebelumnya, Murray memenangi AS Terbuka di tahun 2012 lalu, juga dengan mengalahkan Djokovic di final. (rep05)