Tarik Wisatawan

Pemkab akan Bangun Dermaga di Pulau Jemur

Pulau Jemur


BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) akan membangun darmaga di Pulau Jemur tahun 2014 mendatang. Pembangunan dermaga ini bertujuan untuk memudahkan akses ke pulau terluar di Indonesia itu demi meningkatkan kunjungan wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Kadisbudparpora) Rohil, Ir Tarmizi Majid melalui Kasi Sejarah dan Museum, Zakia Hada S Sn M Hum membenarkan hal itu, Rabu (19/6).

"Tahun 2014 mendatang sudah dilakukan pengerjaan dermaganya. Namun mengenai  berapa anggarannya kami belum mengetahuinya. Yang jelas proyek ini sudah diprogramkan Pemkab Rohil untuk tahun depan," kata Zakia.

Zakia menjelaskan, dari enam pulau terluar Indonesia yang berada di Rokan Hilir, sebutnya, hanya Pulau Jemur yang akan dibangun darmaga. "Karena, di Pulau Jemur atau yang biasa disebut pulau arwah itu menjadi minat utama wisatawan. Selain itu, lokasinya sudah dilengkapi berbagai fasilitas, mulai dari rumah, tangga untuk naik ke bukit dan situs lainnya yang dibangun permanen," jelasnya.

"Dari enam pulau terluar seperti Pulau Jemur, Pulau Arwah, Pulau Tekong Mas, Pulau Labuhan Bilik, Pulau Sarang Burung dan Pulau Batu Mandi, hanya pulau arwah yang akan di bangun armada. Karna pulau ini sesuai namanya banyak situs dan peninggalan di sana seperti lubang besar yang waktu itu manusia dibunuh dan di masukan ke dalam lubang itu. Untuk mendapatkan sebuah telur untuk dimakan, karna tidak dapat telur manusia menjadi tumbal,"jelas Zakia.

Dengan dibangunnya dermaga itu, harapnya, pulau-pulau yang berada tak jauh dari Pulau Jemur milik Pemkab Rohil dapat terjaga dan terlindungi. "Pulau Jemur sangat indah, masih alami dan mengandung banyak sejarah. Di sana, pantainya berpasir putih, lautnya dihuni ribuan jenis ikan dan penyu hijau yang menarik minta wisatawan," bebernya. (rep/01)