Sosialita

5 Fakta Menarik Pernikahan Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid

Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid resmi menikah pada Jumat (26/7). Pernikahan ini datang setelah perkenalan dan dilanjutkan hubungan asmara sejak

Jakarta - Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid resmi menikah pada Jumat (26/7). Seperti cerita dongeng yang simple, mereka menikah setelah perkenalan dan dilanjutkan hubungan asmara sejak September 2023. Mereka mulai menjalin kedekatan usai dikenalkan oleh Aurel Hermansyah.

Sejak awal, Thariq menyebut tak ingin lama-lama berpacaran dan ingin segera melenggang ke pernikahan menyusul abangnya yang juga suami dari Aurel, Atta Halilintar.

Berikut 5 fakta acara pernikahan Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid:

1. Lokasi

Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid sah menjadi suami istri setelah resmi menikah hari ini, Jumat (26/7). Akad nikah digelar pada Jumat (26/7) di Hotel Raffles, Jakarta Selatan sekitar pukul 09.00 WIB.

Pernikahan ini digelar setelah keduanya menggelar pengajian pada 20 Juli dan resmi lamaran pada 23 Juni, bertepatan dengan hari ulang tahun Aaliyah. Lamaran yang dilakukan di The Manor Andara Depok itu penuh berhiaskan bunga dan flora.

Akad nikah Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid digelar pada Jumat (26/7) di Hotel Raffles, Jakarta Selatan sekitar pukul 09.00 WIB. (Youtube/ Thariq Halilintar)

2. Saksi dan Wali Nikah
Pernikahan tersebut turut dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ketua MPR Bambang Soesatyo. Jokowi terlihat mengenakan setelan jas dan peci serta dasi berwarna ungu. Ia menjadi saksi Thariq Halilintar selaku mempelai pria.

Sementara itu, Bambang Soesatyo mengenakan setelan jas berwarna hitam dan peci. Ketua MPR RI itu dipercaya menjadi saksi untuk mempelai perempuan Aaliyah Massaid.

Pembacaan ijab kabul dilakukan Thariq di hadapan Tjandra Mudji Massaid yang merupakan paman dan menjadi wali nikah Aaliyah.

3. Mahar
Dalam ijab kabul, Thariq Halilintar meminang Aaliyah Massaid dengan maskawin uang tunai sebesar Rp26.072.024. Uang tunai itu merupakan representasi tanggal pernikahan mereka pada 26 Juli 2024.

"Ananda Muhammad Thariq Attamimi bin Halilintar saya nikahkan dan saya kawinkan anak dari almarhum kakak saya, Aaliyah Annisa Jeffar Massaid binti Adji Massaid kepada engkau dengan maskawin uang tunai Rp26.072.024," kata Tjandra Mudji Massaid selaku wali nikah.

"Saya terima nikah dan kawinnya Aaliyah Annisa Jeffar Massaid binti Adji Massaid dengan maskawin tersebut tunai," jawab Thariq dan disambut dengan sah dari kedua saksi.

Maskawin yang berupa uang tunai itu ditampilkan setelah ijab kabul. Uang lebih dari Rp26 juta itu dipajang dalam bingkai yang dipegang pasangan suami dan istri baru tersebut. Di atas uang itu terlihat inisial nama pengantin, AT (Aaliyah dan Thariq).

Dalam ijab kabul, Thariq Halilintar meminang Aaliyah Massaid dengan maskawin uang tunai sebesar Rp26.072.024. Uang tunai itu merupakan representasi tanggal pernikahan mereka pada 26 Juli 2024. (Tangkapan layar YouTube Thariq Halilintar)

4. Penasihat pernikahan
Prosesi pernikahan itu dilanjutkan dengan Thariq dan Aaliyah yang melakukan penandatanganan buku nikah. Pasangan itu lantas mendengarkan nasihat pernikahan yang disampaikan Habib Husein Jafar.

Acara tersebut disiarkan secara langsung di saluran YouTube Thariq. Ia sebelumnya juga mengumumkan acara resepsi akan turut disiarkan langsung.

5. Adat
Akad nikah Thariq Halilintar dan Aaliah Massaid digelar menggunakan adat Jawa yang mengikuti suku ayah dari Aaliyah, Adjie Massaid.

Dalam acara itu pula, mereka melakukan adat panggih tematen yang merupakan upacara pertemuan antara mempelai pria dan perempuan. Upacara ini merupakan puncak perkawinan adat masyarakat Jawa dan menjadi simbol pengesahan pasangan sebagai suami juga istri.

Acara pernikahan ini juga dihadiri keluarga terdekat serta groomsman dan bridesmaid yang setia mendampingi kedua mempelai.**