Riau Raya

Pemprov Riau Gelar Tabligh Akbar Peringati Nuzulul Quran 1445 H


PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar peringatan malam Nuzulul Quran 1445 Hijiriyah / 2024 masehi. Pelaksanaan ini digelar dalam kegiatan tabligh akbar bersama Ustad Nazril Abdul Muluk di Masjid Raya Annur Provinsi Riau, Pekanbaru, Kamis (28/03).

Acara tersebut dihadiri secara langsung oleh Pj Sekdaprov Riau, Indra dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Riau beserta jajaran. Dari pantauan Media Center Riau, agenda diawali dengan salat isya berjamaah hingga diakhiri tarawih bersama.

Dikatakan Pj Sekdaprov, Indra, atas nama Pemerintah Provinsi Riau mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya untuk kehadiran masyarakat yang telah meramaikan masjid Raya Annur Provinsi Riau. Menurutnya, peringatan tabligh akbar ini dapat menjadi langkah agar umat muslim di bumi lancang kuning menjadikan Alquran sebagai pendoman hidup.

 

“Kita telah melaksanakan puasa selama 17 hari. Alhamdulillah, malam ini kita kembali dapat memperingati Nuzulul Quran. Malam Nuzulul Quran dimana Allah pertama kalinya menurunkan Al-quran kepada Nabi Muhammad sebagai hudanlinnas atau pedoman bagi kehidupan kita,” katanya.

Dijelaskan, Alquran adalah pedoman hidup yang lengkap. Karena didalamnya mengandung banyak hikmah, sejarah, aturan hukum dan moral. Selain itu, Al-quran juga mengandung ilmu pengetahuan sebagai pedoman, motivasi, dan patokan dalam menata perikehidupan masyarakat muslim.

“Sehingga, peringatan Nuzulul Quran adalah sarana untuk memotivasi diri untuk mentadabbur Alquran, sehingga timbul kecintaan yang akan mengantarkan setiap individu muslim pada tingkat ketaqwaan yang terbaik kepada Allah,” jelasnya.

Dengan begitu, ia menuturkan agar seluruh jamaah menjadikan bulan Ramadhan ini sebagai momentum untuk memperbaiki, meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan terhadap isi Al-quran. Sebab semakin dekat seseorang dengan Al-quran, maka ketaatannya kepada Allah tentu akan meningkat.

“Sebagai penutup, kami mengajak kepada seluruh yang hadir untuk pelajari dan mengamalkan kandungan Al-quran agar cita-cita membangun generasi yang cerdas dan bertaqwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala dapat terwujud.” pungkasnya.(mdy)