Sport

Barcelona Juara Piala Dunia Antarklub 2015

YOKOHAMA – Barcelona asuhan Luis Enrique menutup 2015 dengan raihan lima trofi usai menang 3-0 dari River Plate di final Piala Dunia Antarklub. Trigol Barcelona diciptakan oleh Lionel Messi dan dua gol Luis Suarez ke gawang juara Copa Libertadores.
 
Tiga gol itu tak lepas dari andil trisula lini depan yang dikenal dengan sebutan MSN (Messi, Suarez dan Neymar). Pasalnya Neymar yang memberi assist gol ketiga Barcelona, dan melengkapi trofi La Liga, Liga Champions, Copa del Rey, Super Cup yang telah diraih sepanjang 2015.
 
Jalannya Pertandingan
 
 
Babak Pertama
 
Final Piala Dunia Antarklub berlangsung di Nissan Stadium, Yokohama antara juara Copa Libertadores River Plate kontra juara Champions League Barcelona. Pelatih Blaugrana, Luis Enrique langsung menurunkan pasukan terbaiknya.
 
Trisula lini depan yang dikenal dengan sebutan MSN (Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar) langsung bermain sejak sepak mula. Pun begitu dengan mesin lini tengah yang dihuni Ivan Rakitic, Sergio Busquets dan Andres Iniesta.
 
10 menit awal River Plate mampu mengimbangi permainan Barcelona dan tak takut melancarkan serangan, meski tahu ancaman serangan balik Barcelona sangat berbahaya. Matias Kranevitter jadi gelandang jangkar yang ditugaskan untuk mengawasi pergerakan Messi.
 
Pressing tinggi diterapkan para pemain River Plate tiap kali pemain Barcelona memegang bola. Barcelona kesulitan mengembangkan permainan hingga menit menunjukkan angka 17.
 
Hal yang jarang terlihat, Barcelona kesulitan mengembangkan permainan dan River Plate memegang momentum hingga berjalan 30 menit. Skor masih kacamata alias 0-0. Selain suguhan pressing para pemain River Plate, pelanggaran keras juga kerap dilakukan kedua tim di laga pamungkas ini.
 
Gol akhirnya tercipta pada menit 36. Barcelona unggul 1-0 setelah Messi mencetak gol ke gawang Marcelo Barovero. La Pulga menyambut umpan tandukkan kepala Neymar yang menerima umpan silang Daniel Alves, sebelum memanfaatkan kemelut untuk mencetak gol.
 
Tak ada lagi gol yang tercipta hingga turun minum. Barcelona untuk sementara unggul 1-0 atas klub asal Argentina.
 
Babak Kedua
 
Babak kedua baru berjalan empat menit, Suarez sudah mencetak gol dari skema serangan balik cepat. El Pistolero mencari ruang kosong sebelum akhirnya mencetak gol yang sempat ditepis Barovero, 2-0 Barcelona menjauh.
 
Tiga pergantian pemain telah dilakukan Marcelo Gallardo dengan memasukkan Luis Gonzalez, Sebastian Driussi, dan Gonzalo Martinez. Namun mereka belum mampu memperkecil keunggulan hingga menit 60.
 
Justru Barcelona yang kian berbahaya dari serangan balik karena para pemain River Plate keluar menyerang untuk mencetak gol. Beruntung bagi River Plate, peluang Neymar dan Messi berikutnya tak berbuah gol.
 
Perjuangan River Plate tampak telah berakhir pada menit 67 saat Suarez mencetak gol keduanya. Eks bomber Liverpool menerima umpan lambung Neymar dan mencetak gol ke gawang kanan Barovero dengan tandukkan kepalanya. Skor 3-0 Barca menjauh.
 
Enrique bertubi-tubi memasukkan Sergi Roberto, Thomas Vermaelen dan Jeremy Mathieu untuk menggantikan Javier Mascherano, Rakitic dan Neymar. Sekaligus memperlambat tempo permainan.
 
River Plate sendiri bak kehilangan enerji untuk memperkecil ketertinggalan dan hanya melakukan serangan-serangan sporadis yang mudah dimentahkan para pemain Barcelona. Alhasil tak ada gol yang kembali tercipta hingga habis pertandingan, Barcelona menang 3-0.
 
Susunan Pemain:
 
River Plate: Marcelo Barovero; Leonel Vangioni, Eder Alvarez, Jonathan Maidana, Gabriel Mercado; Matias Kranevitter, Leonardo Ponzio (Luis Gonzalez 46’), Tabare Viudez (Sebastian Driussi 56’), Carlos Sanchez; Lucas Alario, Rodrigo Mora (Gonzalo Martinez 46’)
 
Barcelona: Claudio Bravo; Dani Alves, Gerard Pique, Javier Mascherano (Thomas Vermaelen 81’), Jordi Alba; Ivan Rakitic (Sergi Roberto 64’), Sergio Busquets, Andres Iniesta; Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar (Jeremy Mathieu 88’). (rep05)