Sport

Mengejutkan, Turki Sukses Hancurkan Belanda

Ankara-Turki membuka peluangnya untuk bisa melaju ke putaran final Piala Eropa 2016. Peluang itu diraih setelah mengalahkan Belanda dengan raihan tiga gol tanpa balas pada laga kualifikasi Piala Eropa 2016 di Stadion Konya Büyük?ehir, Senin (7/9) dini hari WIB. 
 
Pada papan klasemen Grup A, Turki kini menggeser posisi Belanda yang sebelumnya berada di peringkat tiga. Dari delapan laga, Turki mengumpulkan 12 angka. Sedangkan Belanda yang melorot ke posisi empat, terpaut dua angka dari Turki. Posisi tiga menjadi tiket terakhir untuk bisa melaju ke putaran final melalui fase play-off. 
 
Sejak awal laga Turki langsung tampil menyerang. Tak butuh waktu lama semifinalis Piala Dunia 2002 itu mampu unggul cepat pada menit ke delapan. Pemain besiktas Oguzhan Ozyakup  merobek gawang Belanda memanfaatkan umpan Arda Turan. 
 
Pada menit ke-26, giliran Turan yang mencatatkan namanya di papan skor. Penggawa anyar Barcelona ini melepaskan tendangan dari sisi kiri penyerangan timnya hingga menjebol gawang De Orange untuk kedua kalinya. 
 
Di sisa waktu yang ada Belanda berusaha keluar menyerang. Meski begitu tak ada tambahan gol tercipta. Skor 2-0 ini bertahan hingga jeda.
 
Usai turun minum, alur penyerangan dikuasai Robin van Persie dan rekan-rekan. Namun, peraih peringkat tiga Piala Dunia 2014 itu terlihat kesulitan menembus lini belakang tuan rumah.
 
Turki yang mengandalkan serangan balik justru kerap menghadirkan ancaman. Hingga akhirnya lima menit menjelang waktu berakhir gol Burak Yilmaz benar-benar menghancurkan De Oranje. Skor 3-0 ini bertahan hingga laga usai. (rep05)