Riau Raya

Jelang Ramadhan, Harga Cabai Merah Makin Pedas

PEKANBARU - Harga cabai merah di Pekanbaru dalam sepekan terakhir ini terus merangkak naik. Bahkan kenaikan berulang-ulang kali, dimulai dari Rp30 ribu perkilogram, lalu naik menjadi Rp 35 ribu perkilogram, dan beberapa hari kemudian naik menjadi Rp 40 ribu perkilogram.
 
Kenaikan harga cabai merah ini sangat dikeluhkan para ibu rumah tangga di Pekanbaru. Diantaranya Rahmi, salah seorang ibu rumah tangga ketika ditemui di Pasar Dupa, Pekanbaru, mengatakan kenaikan harga cabai ini sangat memberatkan.
 
Pasalnya, menurut dia, kenaikannya terjadi berulang kali, sehingga dikhawatirkan sampai bulan Ramadhan nanti akan terus mengalami kenaikan. "Saya khawatir harga cabai merah ini akan terus naik beberapa hari ke depan," ujarnya.
 
Dia mengatakan, kemungkinan besar pada saat bulan Ramadhan nanti harga cabai merah akan lebih tinggi dibandingkan saat ini.
 
"Sebab berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, harga cabai merah di bulan puasa akan lebih mahal dibandingkan menjelang puasa," jelasnya.
 
Pendapat yang sama juga diungkapkan Ratna, ibu rumah tangga yang ditemui di Pasar Limapuluh, Pekanbaru. Dia mengatakan kenaikan harga cabai merah yang berkali-kali menjelang Ramadhan ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga Idul Fitri nanti," ungkapnya.
 
"Saya sangat yakin, di bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri nanti harga cabai merah akan semakin mahal, karena pada saat itu kebutuhan akan cabai merah akan lebih tinggi dibandingkan sekarang," ujarnya.
 
Sementara itu, Ajo, salah seorang pedagang cabai merah di Pasar Dupa Pekanbaru mengaku sejak beberapa hari ini harga cabai merah memang mengalami kenaikan. Kenaikan ini disebabkan pasokannya ke Pekanbaru agak berkurang.(rep05/mcr)