Fokus Rohil

Cakupan PBDT Rohil Capai 48.163 RTS

ROHIL  - Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) tahun 2015 untuk program-program perlindungan sosial, Senin (25/5) telah disosialisasikan kepada sejumlah satuan kerja dan semua kecamatan yang berada di Kabupaten Rohil telah disosialisasikan. Sementara, cakupan PBDT Kabupaten Rohil tahun 2015 mencapai 48.163 Rumah Tangga Sasaran (RTS).
 
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rohil, H Muhammad Job Kurniawan dalam kegiatan sosialisasi tersebut menjelaskan, kegiatan pemutakhiran rumah tangga sasaran melibatkan semua perangkat daerah yang ada. Salah satu perangkat terdepan yakni penghulu maupun kelurahan.
 
‘’Setelah sasaran didapatkan segera dimutakhirkan dan disahkan oleh pihak kecamatan. Kemudian diserahkan ke BPS Rohil. Langkah berikutnya, BPS Rohil segera turun ke lapangan untuk melakukan cross cek,’’ kata Job.
 
Cakupan PBDT Kabupaten Rohil di tahun 2015, lanjut Job,  tercatat sebanyak 48.163 RTS yang tersebar di 18 kecamatan, 193 kelurahan atau desa.  
 
‘’Kegiatan yang dilaksanakan ini adalah untuk menciptakan basis data terpadu yang lebih berkualitas dan lebih dipercaya guna mempercepat penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Rohil,’’ kata Job.
 
Sementara, kegiatan sosialisasi kemarin tersebut hanya berlangsung setengah hari yang dipusatkan di lantai IV gedung sekretariat Pemkab Rohil yang berada di Jalan Mardeka Bagansiapi-api. Selain itu, kegiatan sosialisasi tersebut diwarnai dengan saling tanya jawab dari satuan kerja perangkat daerah dan pihak kecamatan baik kepada BPS maupun Bappeda Kabupaten Rohil.(rep04/rpc)