Nasional

Istana Merdeka Diurutan 12 Istana Presiden Terbaik Sedunia

Jakarta-Kediaman resmi pemimpin dunia memiliki aturan berbeda-beda. Dari penilaian, tempat tinggal Presiden Jokowi di urutan 12.
 
Beberapa hal seperti masalah ekonomi, tentara yang siaga hingga hidangan sarapan menjadi penilaian untuk menentukan peringkat negara di dunia. Namun, Thrillist mencoba memberikan peringkat pada tempat tinggal resmi dari pemimpin dunia.
 
Di urutan pertama ada Presidential Palace di Ankara, Turki yang ditempati Presiden Turki. Istana Kepresidenan Turki ini memiliki 1000 kamar dan memiliki bangunan yang lebih luas 50 kali ruang lantai di Gedung Putih AS. Bangunan ini berdiri pada 2014 dan menjadi kediaman Presiden di urutan pertama dengan nilai desain, sejarah dan pesonanya.
 
Di urutan kedua ada Rashtrapati Bhavan di New Delhi yang merupakan kediaman Presiden India. Dengan jumlah kamar 340 dan ditambah dengan luas halaman 129 hektar, membuat istana ini terlihat begitu lega. Istana ini memiliki warna yang berbeda dengan kebanyakan istana kepresidenan lainnya dan dibuka untuk umum.
 
Sementara di urutan ketiga ada Moscow Kremlin tempat tinggal resmi Presiden Rusia, Vladimir Putin. Menyusul di urutan keempat ada White House, kediaman Barack Obama.
 
Sedangkan Buckingham Palace tempat tinggal Ratu Elizabeth berada di urutan keenam, di bawah Imperial Palace milik Jepang.
 
Indonesia sendiri yang memiliki Istana Merdeka dan Istana Negara berada di urutan ke-12. Istana Merdeka kini merupakan kediaman bagi Presiden ke tujuh Indonesia, Joko Widodo. Bangunan ini didominasi dengan warna putih dan berada di area Istana Negara.
 
Kediaman dan kantor Presiden RI ini terletak tidak jauh dari Monumen Nasional (Monas) sehingga dapat terlihat dari jalan raya maupun dari puncak Monas sendiri.
 
Berikut 18 peringkat kediaman resmi pemimpin negara dunia dilansir Thrillist, Minggu (24/5/2015):
 
1. Presidential Palace, Turki
 
2. Rashtrapati Bhavan, India
 
3. Moscow Kremlin, Rusia
 
4. White House, AS
 
5. Tokyo Imperial Palace, Jepang
 
6. Buckingham Palace, Inggris
 
7. Quirinal Palace, Italia
 
8. Blue House, Korea Selatan
 
9. Zhongnanhai, China
 
10. Elysee Palace, Prancis
 
11. Palacio da Alvorado, Brasil
 
12. Istana Merdeka, Indonesia
 
13. Mahlamba Ndlopfu, Afrika Selatan
 
14. Kirribilli House, Australia
 
15. 24 Sussex Drive, Kanada
 
16. Los Pinos, Meksiko
 
17. Quinta de Olivos, Argentina
 
18. Bellevue Palace, Jerman. (rep05)