Sosialita

Ingat Ya, Memulai Bisnis Sendiri Itu Tidak Sulit

Jakarta-Di masa kini, semangat kewirausahaan begitu menyebar di seluruh Indonesia. Bahkan, generasi muda pun berlomba-lomba untuk memulai usahanya sendiri. Dengan adanya media sosial dan kemajuan teknologi, maka cara yang ditempuh untuk berwirausaha pun akan semakin mudah. 
 
Menurut Onno W Purbo, seorang visioner bisnis digital, di masa kini bisnis bisa menjadi aktivitas sampingan tanpa perlu mengorbankan pekerjaan utama. Anda yang bekerja sebagai pegawai maupun ibu rumah tangga pun kini dapat menjalankan bisnis dengan mudah, murah, dan lancar. 
 
"Ada seorang teman saya yang memulai usaha penjualan barang lewat akun Facebook. Dia ambil produknya dari Tanah Abang, tidak perlu pakai (mendirikan) perusahaan. Sekarang sudah bisa melakukan ekspor ke Malaysia. Padahal dirinya kerja pada sebuah institusi, jadi bisnis yang terbilang sukses itu malah jadi sampingannya," sebut Onno di sela-sela acara Youth Xperience Zone 2015 di Balai Kartini. 
 
Artinya, kata Onno, bisnis kini dapat dengan mudah dilakukan secara mudah dan berada di tingkat rumahan. Sebab, keberadaan internet dan media sosial memudahkan para wirausahawan memasarkan produknya dan menjalankan bisnis. 
 
"Tren semacam ini sudah mulai sejak tujuh atau delapan tahun lalu. Contoh lain adalah melalui Forum Jual Beli (FJB) di situs Kaskus. Saya sempat ngobrol dengan Andrew Darwis selaku CEO Kaskus, dirinya sempat menerangkan kalau keuntungan menjalankan jual-beli di FJB itu, bisa mendatangkan omset hingga ratusan juta rupiah dalam seminggu," ungkap Onno.
 
Nah, ternyata memulai bisnis adalah sesuatu hal yang mudah, bukan? Anda tidak perlu repot-repot mendirikan perusahaan. Cukup dengan memanfaatkan media sosial dan internet secara maksimal, kegiatan bisnis Anda pun akan berjalan jauh lebih mudah. Tertarik untuk memulainya sekarang? (re