Nasional

7 Kapal Kembali Ditangkap, Menteri Susi: Ditenggelamkan di Hari Kebangkitan

Jakarta -Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali mendapat kabar, ada 7 kapal pencurian ikan (illegal fishing) yang ditangkap. Ketujuh kapal ini bersama sejumlah kapal illegal fishing lainnya akan ditenggelamkan, tepat di Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei nanti.
 
"Kita sudah bisa membawa Polisi Air dan yang lain untuk bersatu. Kemarin siang atau pagi, Pol Air menangkap 7 kapal itu Sulut (Sulawesi Utara). Saya perintahkan ABK dipulangkan, kapal ditenggelamkan sama-sama dengan daerah lain tanggal 20 Mei. Agar untuk memperingati Hari Kebangkitan Bangsa. Jadikan momentum," tegas Susi di depan sekitar 200 PNS kementeriannya di bidang Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP).
 
Susi menegaskan, dirinya tidak akan berhenti memerangi penjarahan ikan di laut Indonesia. Semua kapal-kapal tak berizin dan menangkap ikan secara ilegal bakal ditertibkan tanpa pandang bulu.
 
"Pekerjaan besar itu tertibkan kapal saudara kita, orang lokal, yang kegiatannya sama dengan illegal fishing. Kan illegal fishing itu bukan harus asing, lokal pun juga bisa kalau tidak mengikuti aturan," tegas Susi.
 
Di depan PNS tersebut, Susi mengatakan, dirinya bangga. Karena dunia internasional mengakui kementeriannya dalam memerangi pencurian ikan. Pengakuan itu datang dari kepala angkatan laut Amerika Serikat. (rep05)