Riau Raya

Gelar audiensi bersama DPRD, PWI Pelalawan Jalin Silaturahmi

PELALAWAN - Pengurus terpilih Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten Pelalawan periode 2014-2017, melakukan silaturahmi dan sekaligus audiensi bersama Ketua DPRD Pelalawan Nasaruddin SH MH, diruang rapat DPRD Pelalawan, Rabu (11/3). Audiensi ini diharapkan, dengan kepengurusan PWI Perwakilan Kabupaten Pelalawan yang baru ini kepada para pengambil kebijakan tersebut, mampu menyinergikan sejumlah program-program strategis yang akan dilaksanakan PWI mendatang.
 
Audiensi tersebut disambut langsung oleh Ketua DPRD yang didampingi Ketua Komisi II Habibi Hapri, Wakil Ketua Komisi I H Abdullah, anggota Komisi I DPRD Baharuddin dan Faisal SE , serta Sektretaris Dewan Kabupaten Pelalawan Amiruddin Muslim.
 
Saat memberikan sambutan, Ketua DPRD Pelalawan Nasaruddin SH mengatakan, Pers memiliki peranan yang strategis dalam kebijakan pembangunan di Kabupaten Pelalawan. Kritikan tajam yang keram muncul, menjadi salah satu penyeimbang dan evaluasi terhadap laju pembangunan. Dirinya harus akui peran pers sangat dibutuhkan oleh pemerintah legislatif untuk menyebarkan informasi.
 
"Saya mengakui, peran pers sangat dibutuhkan oleh legislatif sebagai sosial kontrol yang menjadi keluhan masyarakat dan evaluasi demi kesejahteraan masyarakat,"ujarnya.
 
Nasaruddin juga mengatakan, media dan DPRD merupakan simbiasis mutualisme yang tidak bisa dipisahkan untuk menyampaikan segala informasi kepada publik terkait kemajuan pembangunan di kabupaten Pelalawan ini.
 
"Kita akui, ada empat unsur tiang kemajuan pembangunan di suatu daerah yakni Pemerintah, DPRD, Masyarakat dan Media. Dan jika ke empat unsur ini tidak sinkron, maka tentunya kemajuan pembangunan tidak bisa berjalan maksimal. Intinya, kita lakukan kontrol bersama. Khususnya melalui dukungan bersama dari Media,"paparnya.
 
Karena itu, sambungnya, untuk masalah kerjasama di Legislatif yakni seperti langganan koran, dirinya dalam waktu dekat mendata ulang langganan korang yang ada di kantor DPRD Pelalawan. Dimana media yang aktif membantu mempublikasikan agenda kerja dewan, akan menjadi prioritas untuk terjalinnya kerjasama yang lebih baik lagi.  Dan melalui pertemuan ini, berharap rekan media dapat menghimbau para pihak perusahaan agar dapat memberikan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat tempatan khususnya masyarakat disekitar bantaran sungai.
 
"Pasalnya, saat ini kekayaan sumber daya alam (SDA) bidang perikanan sudah mulai berkurang, sehingga masyarakat kehilangan mata pencahariannya sebagai nelayan atau penangkap ikan. Untuk itu, kita harap pihak perusahaan bisa pro rakyat. Kondusifnya kampung kita ini dari opini, merupakan peran media. Jadi, kita harap peran media bersama-sama membangun Pelalawan ini,"tegas politisi besutan Partai berlambang pohon beringin.
 
Sementara itu, Ketua Fraksi Golkar sekaligus anggota Komisi I DPRD Baharuddin mengatakan, dalam hal ini meminta kepada Kabag Humas DPRD Pelalawan  harus berperan aktif, karena peran kabag humas merupakan pintu gerbang utama dalam menyampaikan informasi kegiatan para anggota DPRD.
 
"Kita minta kepada Humas agar lebih dekat lagi menjalin silaturahmi kepada rekan media, tidak ada pers tidak akan tahu masyarakat dengan kinerja saya dan kawan-kawan," jelasnya.
 
Hal itu juga, Ketua PWI Pelalawan Asnol Mubarack MSi mengatakan, kedatangan kekantor DPRD Pelalawan merupakan ajang silaturahmi, kepengurusan baru PWI Pelalawan periode 2014-2017. PWI siap menjalin kerjasama dengan legislatif dalam hal pempublikasikan agenda kerja anggota DPRD Pelalawan. Sebab banyak orang alergi jika berhubungan dengan wartawan. Maka dari itu, dimana selama ini sudah berjalan dengan baik, senantiasa harus dilanutkan dan dibangun agar lebih baik.
 
"Terima kasih buat Ketua DPRD Pelalawan yang sudah menyambut baik kedatangan saya bersama kawan-kawan, dengan kehadiran hari ini bisa menjadi kerjasama terjalin mitra yang lebih bagus lagi. Kami siap membantu anggota DPRD untuk mempublikasikan agenda kerja di media yang ada di Kabupaten Pelalawan. Untuk masalah usulan kawan-kawan tadi, bisa menjadi prioritas penting dalam kesejahteraan kawan-kawan media dinegeri bono ini,"tutupnya.(rep01)