Sport

City Dilibas Arsenal di Kandang

MANCHESTER – Santiago Cazorla tampil gemilang sebagai motor serangan Arsenal. Bertandang ke Etihad, markas Manchester City, Cazorla mengukir kontribusi sebiji gol dan satu assist untuk memecundangi tuan rumah, 2-0 di matchday ke-19 Premier League.
 
Jalannya Pertandingan
 
Babak Pertama
 
City lebih dulu mencoba mendobrak lini per lini barisan tengah dan belakang Arsenal. Jesús Navas sempat melewati penjagaan Santiago Cazorla di menit ketujuh, tapi crossing-nya bisa dicegat lebih dulu oleh Laurent Koscielny sebelum disambar Pablo Zabaleta.
 
Olivier Giroud! Dibidani akselerasi Alex Oxlade-Chamberlain di sisi sayap dan melayangkan umpan silang deras, Giroud coba menanduk bola sembari menjatuhkan diri. Tapi sundulannya sempat deflected kaki Skipper Vincent Kompany dan alhasil bola hanya melenceng dari tiang kiri Joe Hart.
 
Deadlock akhirnya dipecahkan Cazorla lewat hadiah penalti di menit ke-24. Akibat Kompany menjatuhkan Nacho Monreal di kotak terlarang, wasit Mike Dean tak ragu menunjuk titik putih.
 
Cazorla yang memang jadi langganan algojo, maju mengeksekusi. Kendati arah bola ke kanannya sempat terbaca Hart, namun eksekusi tersebut tetap bergulir merobek gawang City. 1-0 buat Arsenal!
 
Memasuki menit ke-37, City memberi perlawanan lewat umpan melengkung James Milner. Sayangnya, Sergio Agüero diganggu bek Arsenal dan sundulannya gagal mengarah ke sasaran. Skor 1-0 buat Arsenal terjaga sampai jeda.
 
Babak Kedua
 
Pelatih Manuel Pellegrini ingin City lebih agresif dan mencuri inisiatif serangan di babak kedua. Stevan Jovetic pun dimasukkan menggantikan James Milner dengan harapan, bisa menyaman skor dan membalikkan keadaan.
 
Benar saja, serangan City terasa lebih tajam. Di menit ke-48, Agüero memaksa David Ospina berjibaku menyelamatkan tembakan keras dari sisi kanan pertahanan The Gunners.
 
Ancaman datang lagi di menit ke-52 dengan lahirnya kemelut di kotak penalti Arsenal. Fernandinho jadi orang terakhir yang mengontrol bola dan melesakkan tembakan voli. Sial, arah bola masih melayang.
 
Empat menit berselang, tim Meriam London balik menyerang. Dari umpan Oxlade-Chamberlain, Aaron Ramsey gagal mengonversi gol akibat kehilangan keseimbangan di kotak penalti City.
 
Memijak menit ke-60, gempuran City digeber kerja sama David Silva dan Navas hingga menghasilkan crossing deras mendatar. Sayangnya, bola bisa lebih dulu dibelokkan Monreal sebelum disambar Agüero.
 
Kurang puas dengan lini tengah, Pellegrini kembali memasukkan pemain baru. Frank Lampard datang menggantikan Fernandinho di menit ke-63. Tapi bukannya gol penyeimbang yang datang, City malah kecolongan gol kedua!
 
Adalah Cazorla yang dijuluki fans Arsenal sebagai “Mighty Mouse”, yang sukses menggerogoti prestise City di hadapan pendukung sendiri. Lewat umpannya dari tendangan bebas di menit ke-67, Giroud menanduk bola masuk melewati penjagaan Hart di bawah mistar City. 2-0 buat Arsenal!
 
10 menit jelang waktu normal bubar, Jovetic mendapati peluang terbaiknya di sudut sempit dekat gawang Arsenal. Sayang, tembakannya yang sempat memantul dari jarak dekat hanya tipis melenceng ke kiri gawang Ospina.
 
Hingga sisa waktu berakhir, City gagal memperkecil kedudukan atau bahkan menyeimbangkan skor. Skor 2-0 buat tim tamu lestari hingga laga bubar.
 
Tiga poin krusial yang diraih Arsenal ini mendongrak posisi menggusur Tottenham Hotspur, di klasemen kelima dengan 39 angka.
 
Sementara dengan kekalahan ketiga di musim ini, City gagal menguntit ketat Chelsea di puncak klasemen dan tertahan di posisi dua dengan 47 poin dan selisih lima angka dengan The Blues.
 
Susunan Pemain
 
Manchester City: Joe Hart, Vincent Kompany, Martín Demichelis, Gaël Clichy, Pablo Zabaleta, James Milner/Stevan Jovetic (46’), David Silva, Jesús Navas/Edin Dzeko (76’), Fernandinho Rosa/Frank Lampard (63’), Fernando Reges, Sergio Agüero.
 
Arsenal: David Ospina, Per Mertesacker, Nacho Monreal, Laurent Koscielny, Héctor Bellerín, Santiago Cazorla, Francis Coquelin, Aaron Ramsey/Mathieu Flamini (84’), Alexis Sánchez/Kieran Gibbs (84’), Olivier Giroud, Alex Oxlade-Chamberlain/Tomáš Rosický (66’).
 
Hasil Lain Premier League Matchday ke-19:
West Ham United 3-0 Hull City. (rep05)