Sosialita

Jalan Kaki Setiap hari Bantu Cegah Osteoarthritis

JALAN kaki mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dalam jangka panjang. Salah satunya meminimalisir risiko penyakit osteoarthritis (OA) atau radang sendi, terutama di bagian lutut.
 
Jalan kaki merupakan aktivitas rutin sehari-hari yang dilakukan siapa saja. Para ahli mengungkap bila kita jalan kaki hingga 6.000 langkah dalam sehari, efeknya mengurangi risiko peradangan sendi lutut.
 
Dikutip Timesofindia, Rabu (14/1/2015), bukti medis telah melaporkan seseorang yang berjalan kaki kurang dari 90 menit setiap minggu, mereka banyak menderita osteoarthritis.
 
dr Daniel White, PT, ScD, dari Sargent College, Boston University di Massachusetts mengatakan, berjalan kaki manfaatnya untuk memperbaiki fungsi tulang lebih baik. Semakin sering kita berjalan kaki, risiko peradangan sendi itu akan menurun.
 
Dalam studi tersebut melibatkan 1.788 orang yang hobi berjalan kaki. Dalam waktu tujuh hari, responden dituntut untuk berjalan kaki selama lebih dari 90 menit. Langkah mereka diukur dengan monitor dan dievaluasi dua tahun berikutnya.
 
Responden yang hanya mampu berjalan kaki sekira 1.000 langkah masih mendapat risiko osteoarthritis di angka 16-18 persen. Sementara mereka yang mampu berjalan hingga 6.000 langkah, hasilnya lebih bagus hingga mencapai angka 70 persen.
 
Dari studi itu, dr White menyimpulkan, setiap orang yang mampu berjalan kaki hingga 3.000-6.000 langkah dan memperoleh manfaat menyenangkan dalam jangka dua tahun, salah satunya mencegah peradangan sendi di bagian lutut. (rep05)