Nasional

Asteroid Raksasa Dekati Bumi pada 31 Mei

JAKARTA - Sebuah asteroid sepanjang 2,7 kilo meter atau kira-kira setara dengan sembilan kali ukuran kapal pesiar Queen Elizabeth 2 (QE2)
diperkirakan akan melintas dekat bumi bulan Mei ini.

Untungnya batu raksasa dari luar angkasa itu melintas sekitar 3,6 juta mil  dari Bumi atau 15 kali jarak antara bulan dan Bumi. Tetapi berbeda dengan
asteroid lainnya, benda luar angkasa ini tidak akan mendekati Bumi lagi dalam setidaknya dua abad mendatang.

Para ilmuwan dari Massachusetss Institute of Technology Lincoln Near Earth Asteroid Research, New Mexico, Amerika Serikat, menamai asteroid itu 1998
QE2, karena ditemukan pada 19 Agustus 1998. Asteroid itu akan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi pada 31 Mei petang Waktu Indonesia Barat.

Para ilmuwan berencana untuk memindai asteroid itu menggunakan radar dari Goldstone Observatory di Padang Gurun Mojave, Kalifornia, AS. "Sangat menyenangkan bisa melihat rincian asteroid ini untuk pertama kalinya," kata Lance Benner, ilmuwan badang antariksa AS (NASA).

Pada 2016 NASA berencana meluncurkan sebuah misi robotik ke sebuah objek dekat bumi yang punya potensi bahaya paling tinggi, Bennu. Asteroid itu mendekati Bumi setiap enam tahun sekali dengan jarak hanya 500.000 km. Para ilmuwan memperkirakan Bennu akan menghantam Bumi pada 2182 dengan peluang sebesar 1 berbanding 1.800. (rep02/bsc)