Van Gaal Disarankan Jangan Tiru Kevin Keegan

Jumat, 08 Agustus 2014

Jakarta - Bekas pemain Newcastle United, David Ginola menyarankan agar manajer baru Manchester United tidak meniru gaya Kevin Keegan. Ginola yang menjadi anak buah Keegan di Newcastle itu melihat manajernya tak mampu memenangi mind games yang dilancarkan manajer MU saat itu, Alex Ferguson.
 
Keegan saat itu disebut Ginola gagal dalam pertarungan urat syaraf yang dilancarkan oleh Ferguson. “Dia sangat terganggu dengan serangan yang dilakukanFerguson. Gara-gara itu, tingkah lakunya berubah. Saat latihan rutin dia kelihatan gugup dan dia benar-benar menjadi orang yang berbeda dari yang kami kenal,” katanya.
 
Akibatnya, Newcastle yang musim itu berada dalam jalur perebutan gelar pada musim 1995/96 dengan MU gagal menjadi juara. Padahal ketika itu, Newcastle telah unggul 12 poin dari MU. Itu terjadi karena Keegan tak bisa menghadapi tekanan serangan di luar lapangan dari Ferguson.
 
Melihat rekam jejak Louis Van Gaal, yang berhasil menjadi juara di berbagai liga di Eropa, Ginola yakin Van Gaal tidak akan terseret dan meniru gaya manajerial Keegan yang ikut terpengaruh dalam perang urat syaraf seperti itu. “Mencoba mengganggu orang seperti itu? Saya kira sulit.”
 
Namun Ginola tetap menganggap bahwa kesuksesan Van Gaal di MU kelak tidak hanya dari dia mampu memenangi pertarungan di luar lapangan tapi jika pemainnya mampu menjalankan apa yang diinginkan Van Gaal di lapangan.
 
“Seorang manajer memang membawa semangat untuk timnya. Tapi setelah itu, semuanya tergantung apa yang dilakukan pemain di lapangan,” katanya. (rep01/tco)