KPU Cetak Lebih 4 Juta Surat Suara

Jumat, 02 Agustus 2013

Ketua KPU Riau, Tengku Edi Sably

PEKANBARU - Terhitung tanggal 1 Agustus, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau akan mencetak surat suara sebanyak 4.0459.000 surat suara. Pencetakan surat suara ini akan memakan waktu selama 3 hari.

Hal ini dikatakan oleh Ketua KPU Riau, Tengku Edi, Kamis (1/8) di ruangannya. Katanya, pencetakan surat suara ini mulai pada tanggal 1 -3 sebanyak 4.0459.000 ribu, ditambah 2,5 persen cadangan, akan dilakukan pencetakannya dibandung dengan anggaran Rp1,7 miliar.

"Setelah selesai surat suara ini dicetak, nantinya akan diserahkan dan distribusikan seluruh kabupaten/kota di Provinsi Riau," kata Edi.

Dikatan Edi, setalah diterima oleh KPU Provinsi surat suara ini, lalu  akan dikirim ke Kabupaten dan kota oleh Rekanan. Kabupaten dan kota akan langsung melipat surat suara tersebut dan pengepakan serta mengecek kelengkapan di TPS.

"Untuk kartu pemilih masih dalam proses, dan secara bersamaan ini kan selesai untuk semua logistik," terangnya.

Sementara itu, disinggung terkait dengan pangawasan jika suatu saat terjadi yang tidak diinginkan dalam penyaluran kotak suara ini, Ketua KPU Riau menyebutkan semua sudah ada pangawasan dan KPU Riau telah berkoordinasi dengan Kapolda Riau terkait pengamanan ini. "Sebagian besar logistik berasal dari Jawa," katanya.

Untuk pencetakannya, dilakukan di Bandung dengan menghabiskan anggaran Rp1,7 Miliar dengan jumlah cetakan sebanyak 4.000.459 surat suara, ditambah dengan 2 1/2 persen surat suara cadangan.

“Setelah cetak, rekanan langsung mendistribusikan ke KPU kabupaten/kota. Nanti dilakukan sortir pelipatan dan pengekapan dengan PPP lainnya dan cetak itu untuk satu putaran saja,” jelasnya.

Selain itu, untuk pencetakan kartu pemilih akan dilakukan di Semarang, tinta di Bogor. Menurutnya, yang memenangkan tender itu adalah rekanan yang ada di Semarang dan Bogor, makanya pencetakan itu dilakukan di luar Riau. (rep1)