Meriah, Semarak Malam Idul Adha 1436 H Di Kota Negeri Seribu Kubah

Sabtu, 03 Oktober 2015

BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir, H. Suyatno melepas secara resmi peserta Pawai Takbir dalam rangka menyemarakkan malam Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriah tahun 2015. perayaan tersebut di laksanakan dihalaman Kantor Bupati Rohil Kota yang di juluk Kota Seribu Kubah yang sangat meriah, Rabu malam (23/9) sekitar pukul 20.00 Wib.

Pelepasan Pawai Takbir ini ditandai dengan lantunan Takbir pertama oleh Bupati Rohil H. Suyatno, dilanjutkan dengan Takbir kedua Ketua DPRD Nasrudin Hasan dan Kepala Kementerian Agama H. Agustiar, serta diiringi dengan pemukulan beduk oleh Plt Sekda H. Surya Arfan didampingi Ketua MUI Wan Achmad Syaiful, Wakapolsek Bangko dan para Asisten.

Lomba Pawai Takbir yang menjadi kegiatan rutinitas Pemkab Rohil setiap tahunnya bertujuan untuk mempererat silaturahmi dan Syiar Agama Islam. Adapun kategori pawai dalam perlombaan ini terdiri dari Partisipasi dan lomba peserta Takbir dengan jumlah keseluruhan sebanyak 51 peserta.

Untuk kelompok Partisipasi Miniatur diikuti oleh Sekretariat Daerah, Sekwan, Badan, Dinas dan Kantor di Lingkungan Pemkab Rohil dengan jumlah 20 peserta. Sementara kelompok Lomba Miniatur yang diikuti Musholla, Sekolah, Lembaga Swasta, Ormas dan Organisasi Sosial jumlahnya sebanyak 12 peserta.

Kemudian kelompok Miniatur diikuti Masjid dengan jumlah tiga peserta, dan kelompok Takbir Non Miniatur diikuti oleh Masjid, Musholla, Lembaga Swasta, Ormas, Sosial, Sekolah (SMP-SMA) sederajat dengan jumlah 15 peserta. Sedangkan untuk Rute Pawai Keliling dimulai dari Jalan Merdeka menuju Jalan Pahlawan, kemudian masuk ke Jalan Bangko menuju Jalan Perwira dan kembali dihalaman Kantor Bupati.

Bupati Rokan Hilir H. Suyatno menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh panitia dan juga Orkes Gambus Al Fatah yang telah berpartisipasi dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Adha Tahun ini."Saya melihat dari tahun ketahun Pawai Takbir yang kita laksanakan selalu saja ada peningkatan, baik itu dari peserta maupun masyarakat yang menyaksikan cukup ramai dan meriah,"kata Suyatno.

Momentum Hari Raya Kurban ini ia mengajak kepada umat Islam untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan merelakan sebagian hartanya untuk orang lain."Insya Allah hari ini semua Jamaah Haji Rohil sedang melaksanakan wukuf di Arafah, mari kita doakan mereka semuanya dalam keadaan sehat wal 'afiat selamat pergi dan kembali ke tanah air memperoleh haji mabrur,"harapnya.

Bupati juga menghimbau untuk mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendoakan jamaah yang menunaikan ibdah haji pada tahun ini tetap dalam keadaan sehat walafiat dengan selamat pergi dan selamat pulang ketanah air."Sehingga saudara kita itu bisa cepat berkumpul lagi dengan sanak keluarganya serta nantinya mampu memberikan Kontribusi yang baik bagi masyarakat dan lingkungannya, "kata Bupati Suyatno.

Adapun Rute dari Pawai Takbiran itu dengan Star dihalaman Kantor Bupati Rohil Jalan Merdeka menuju Jalan Pahlawan, Jalan Perwira, dan Finish ketempat asal yakni dihalaman kantor Bupati. Sementara tujuan dari pawai takbiran yang setiap tahunnya rutin dilaksanakan untuk mempererat tali silaturahmi sekaligus mensyiarkan agama islam, "ujar Suyatno.

Selain pawai Takbiran diikuti oleh SKPD, Masjid, Musala, Sekolah, dan Ormas. Kita juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Orkes Gambus Al-Fattah yang telah berpastisifasi tampil dalam memeriahkan pawai takbiran idul adha ini. "Saya melihat dari tahun ketahun pawai takbiran yang kita laksanakan secara rutin setiap tahunnya ini terjadi peningkatan yang siknifikan, baik itu berasal dari peserta maupun masyrakat yang menyaksikannya, "kata Suyatno.(adv/hms/di)