Nasional

Waduh! Siswa Peserta UN Ini Bebas Menyontek

Subang - Para peserta ujian nasional sekolah lanjutan atas di Subang, Jawa Barat, dipersilakan saling sontek satu sama lain. "Tapi saya jamin soal dan jawabannya enggak bakalan ada yang sama," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Subang Engkus Kusdinar saat ditemui di Sekolah Menengah Kejuruan Nasional 1 Subang, Senin, 14 April 2014.
 
Menurut Kusdinar, semua soal dan lembar jawaban yang diterima masing-masing peserta UN di setiap kelas berbeda-beda. Jadi, jika siswa saling contek, hasil ujian mereka bisa jeblok. 
 
Kusdinar mengatakan, jika dalam satu ruangan ada 20 peserta, soal dan lembar jawaban UN yang dibagikan pun ada 20 varian. Dengan demikian tidak mungkin ada soal dan lembar jawaban yang sama di antara para peserta UN.
 
Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP) sebagai pihak yang dipercaya mengemban Peraturan Menteri Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan sebelumnya telah menyiapkan 30 varian soal buat UN SLTA 14-16 April.
 
Seorang peserta UN dari SMKN 2 Subang, Novianti, mengaku menguasai mata pelajaran bahasa Indonesia dan biologi yang sudah dikerjakannya. "Alhamdulillah, dari 50 soal, dengan banyak jawaban jebakan, aku bisa mengerjakannya dengan baik," ujar siswi jurusan IPA itu seperti dikutip dari Tempo.co.
 
Ditanya soal menyontek, Novianti langsung menyergahnya. "Boro-boro bisa nyontek. Soalnya saja beda-beda. Terus pengawasannya juga ketat sekali," ujarnya. (rep03)