Nasional

Antisipasi Rusuh Demo Buruh, Polisi Turunkan Baracuda

Polda Metro Jaya menurunkan 25.300 personel gabungan untuk mengamankan DKI Jakarta dalam May Day hari ini. 25.300 Personel tersebut meliputi Brimob, TNI yang siap dikerahkan saat terjadi kerusuhan.

"Bundaran Hi sendiri, kami menurunkan 1.600 dan sisanya tersebar di beberapa titik lokasi seperti DPR, Monas, Istana, dan objek vital lainnya," kata Kabid Humas Polda Kombes Pol Rikwanto di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Rabu (1/5).

Rikwanto menyatakan, pergerakan buruh akan dikawal oleh para satuan pengamanan. Kendaraan lanjutnya, seperti motor milik satuan Brimob hingga kendaraan Barracuda sudah tampak di sekitar bundaran HI, sebagai pelengkap pengamanan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang berkaitan dengan keamanan.

"Pengamanan yang dilakukan untuk antisipasi kegiatan dari yang ringan dan berat. Kita tak boleh mengunderestimate masalah pengaman," tambahnya.

Rikwanto mengatakan, jika terjadi kemacetan arus lalu lintas di sekitaran bundaran HI, kemungkinan jalan menuju kawasan Thamrin akan ditutup.

"Penutupan jalan ini kondisional. Ada lebih 30 elemen serikat pekerja yang tergabung dalam demo ini. Jumlah massa yang mereka laporkan lebih dari seratus ribu orang," ujarnya.

Saat ini lalu lintas sedikit tersendat di sekitar Bundaran HI. Para demonstran yang tergabung dalam serikat buruh belum semua berkumpul. (rep02)