Belajar Kelola Sampah

Wako Pekanbaru Belajar ke Jepang

  PEKANBARU - Walikota Pekanbaru, H Firdaus ST MT, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Kitakyushu, Jepang. Kunker bersama rombongan Walikota Malang, Balikpapan, Semarang dan Malang mendampingi Kementerian Badan Lingkungan Hidup (BLH) Republik Indonesia ini, untuk melihat konsep yang diterapkan Kitakyushu menjadi kota nyaman, bersih dan hijau.    
 
Demikian disampaikan Kabag Humas Sekdako Pekanbaru, Drs Azharisman Rozie MSi, Rabu (13/11/2013), di ruang kerjanya. Katanya, sebelumnya Kitakyushu merupakan kota kumuh, namun kini berubah menjadi kota yang nyaman, bersih dan hijau atau dikenal 
dengan Sustainable Development.
 
"Kota ini menerapkan konsep Sustainable Development. Sebelumnya, kota ini sangat kotor, dimana lingkungannya tak teratur dan polusi udara. Namun kini, berubah menjadi kota yang tertata rapi, lingkungan bersih, hijau dengan melibatkan masyarakat secara aktif," ujarnya.
 
Selain kunker, terang Kabag Humas, Pemko Kota Pekanbaru menindak lanjut rencana menjalin kerjasama dengan Kitakyushu, Jepang dalam membangun Pekanbaru.
 
"Sebagaimana rencana dari Pak Wali, terkait akan mengelola sampah menjadi enegri listrik, maka kunjungan kali ini juga menindak lanjut hal tersebut," sebutnya. 
 
Sebelumnya, Walikota Pekanbaru juga telah melakukan studi banding ke Negara Jerman dan Ceko. Dan melanjutkan ke Jepang, tepatnya di kota Kitakyhusu. 
 
"Tujuannya, untuk belajar bagaimana konsep negara maju mengelola limah sampah menjadi energi serta menjaga kebersihan kota mereka," ucapnya, seraya mengatakan untuk mengikuti kegiatan itu, Walikota izin selama seminggu, mulai pada 9 sampai 16 November 2013. (rep1)