Fokus Rohil

2 Tahun lagi, Rohil Berkembang Pesat

 

BANYAK fakta yang bisa membuktikan Kabupaten Rokan Hilir akan berkembang pesat tak lama lagi. Hanya butuh waktu 2 tahun lagi. Kini, jembatan Pedamaran I telah selesai, dan menunggu akhir tahun 2013 rampungnya pembangunan jembatan Pedamaran II. Dibagunnya jembatan kembar ini oleh Pemkab Rohil mendapat dukungan dari semua kalangan untuk membuka keterisoliran terutama di daerah pesisir pantai yang selama ini menggunakan jalur transportasi laut.
 
Selain itu, tahun 2014 berdasarkan perencanaan pembangunan yang masih diprogramkan Pemkab Rohil akan merampungkan Sekolah Polisi Negara (SPN) dan Markas Polisi Air (Mapolair) Polda Riau di Batu Enam, Bagansiapiapi. Fungsi kedua bagunan ini tak lain untuk memajukan pendidikan khusus generasi muda yang bercita-cita menjadi anggota penegak hukum sekaligus  menyelamatkan perairan Rohil dari praktik Illegal Fhising (pencurian ikan) oleh nelayan luar.
 
Belum lagi berdirinya kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Rokan Hilir di Ujung Tanjung yang diresmikan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, 27 Juli 2011 lalu, kini telah menjadi kampus termegah di Indonesia (menurut Gamawan). Di kampus inilah praja di tanah air yang bakal menjadi pemimpin digembleng. Tentunya ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi warga berjuluk Negeri Seribu Kubah. 
 
Selain mendirikan pusat pemerintahan di kompleks perkantoran Batu Enam, Pemkab Rohil juga memfasilitasi obyek wisata buat masyarakat melepas lelah dalam keseharian. Lihat saja Batu Enam yang dulunya hanya semak belukar kini disulap menjadi sebuah pusat pemerintahan sekaligus obyek pariwisata yang mengasikkan. 
 
Di tempat ini banyak kita temukan pemendangan yang menyenangkan. Ada water boom yang tengah dirampungkan, beraneka wisata alam yang memuaskan seperti museum Tionghoa, museum Ikan, museum sejarah, taman budaya, hingga pemandangan laut. Menariknya, di lokasi ini berjejer pusat pemerintahan menyatu dengan kantor Bupati termegah di Indonesia yang akan difungsikan 2014.
 
Ke depan, Rohil hanya membutuhkan waktu 1 atau 2 tahun saja lagi, maka menjadilah sebuah kabupaten yang tidak lagi dipandang sebelah mata oleh daerah lainnya di Indonesia. Saat ini saja pembangunan di Rohil sudah berkembang dan merata, bagaimana 1 atau 2 tahun lagi. 
 
Menurut keyakinan, pembangunan yang sudah dicanangkan Pemkab Rohil terbilang terus menunjukkan kemajuan setiap saat.  Sudah bisa dibilang mampu bersaing dengan daerah lainnya di Riau, tinggal mempersiapkan diri bersaing dengan daerah lain di Indonesia. Karena, program pembangunan tidak saja di pusatkan di tengah kota, namun hampir di semua sudut di Rohil. Dibangunnya jalan dua jalur di setiap kecamatan turut membuktikan perekonomian masyarakat makin meningkat. 
 
Ditambahkannya, pembangunan yang saat ini sedang digesa, mulai dirasakan warga.  Pemkab Rohil, berjanji akan terus menuntaskan berbagai pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Tinggal bagaimana merebut APBN yang semakin besar, maka diyakini mampu untuk menuju kesejahteraan rakyat. DPRD sesuai fungsinya akan terus mengawal perkembangan pembangunan yang digesa, ditambah dengan usaha untuk mendapatkan APBD Riau dan pusat demi Rohil. Semoga, mimpi menjadikan Rohil berkembang pesat dalam waktu dekat dapat terwujud. (rep1)