Riau Raya

Sejumlah Wilayah Riau Masih Diguyur Hujan Disertai Petir

Pekanbaru - BMKG Pekanbaru memprediksi cuaca di Provinsi Riau pada Jumat, 11 Oktober 2024, akan bervariasi mulai dari berawan hingga hujan ringan di beberapa wilayah. Pada pagi hari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan terjadi di Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Kampar, Siak, Kuantan Singingi, Pelalawan, Indragiri Hulu, serta Kota Dumai dan Pekanbaru.

Pada siang hingga sore hari, wilayah Riau akan didominasi oleh cuaca berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang yang tidak merata.

Malam harinya, hujan ringan hingga sedang kembali diperkirakan terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Kampar, Kuantan Singingi, Dumai, dan Pekanbaru.

Sementara itu, pada dini hari, kondisi udara diperkirakan berkabut hingga berawan dengan potensi hujan ringan di beberapa wilayah seperti Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Kampar, dan Kuantan Singingi.

BMKG Pekanbaru mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang yang diperkirakan terjadi di beberapa wilayah, termasuk Bengkalis, Kampar, Siak, Kuantan Singingi, Pelalawan, dan Pekanbaru pada pagi, siang, sore, atau malam hari.

"Warga Riau diimbau untuk tetap waspada terhadap kemungkinan hujan deras disertai petir dan angin kencang, terutama di wilayah yang telah kami sebutkan," ujar Forecaster BMKG Pekanbaru, Deby C.

Ia juga menambahkan bahwa perairan Bintan, Selat Berhala, dan perairan utara Bangka berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat pada pagi dan siang hari.

Suhu udara di Riau diperkirakan berkisar antara 23.0 hingga 33.0 derajat Celsius dengan kelembapan udara mencapai 60 hingga 99 persen.

Angin bertiup dari arah Selatan hingga Barat dengan kecepatan 10 hingga 30 km/jam.

"Gelombang laut di perairan Riau diperkirakan tenang, dengan ketinggian antara 0,01 hingga 0,50 meter," ungkapnya.

Selain itu, hingga pukul 23.00 WIB, tercatat sebanyak 91 titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera, dengan satu titik berada di Riau, tepatnya di Kabupaten Kuantan Singingi.**