Sport

Klasemen MotoGP 2024 Usai Bagnaia Kalahkan Marquez di Jerez

Jakarta - Hasil MotoGP Spanyol cukup mengejutkan banyak pihak. Martin terjatuh, lalu Francesco Bagnaia menang di Sirkuit Jerez, Minggu (28/4). Perubahan terjadi di papan atas klasemen MotoGP 2024.  

Start dari posisi tujuh MotoGP Spanyol, Bagnaia keluar sebagai pemenang dengan catatan waktu 40 menit 58,053 detik. Pecco Bagnaia kembali tampil impresif tidak maksimal di MotoGP Amerika Serikat.

Marc Marquez yang menempati pole position juga kembali kompetitif dalam balapan ini. The Baby Alien nyaris tidak membuat kesalahan di MotoGP Spanyol 2024.

Sempat memimpin balapan, Marquez disalip Bagnaia. Jorge Martin memanaskan persaingan dengan menyalip Bagnaia. Nahas bagi Martin, pada tikungan enam lap 11, pembalap Spanyol itu mengalami downside. Kecelakaan yang dialami Martin memberikan keuntungan bagi Bagnaia yang langsung di posisi terdepan.

Setelah menyalip Marco Bezzecchi dan menempati posisi kedua, Marc Marquez memberikan ancaman kepada Bagnaia. Marquez terus menempel ketat Bagnaia dengan hanya selisih 0,5 detik. Saat balapan tersisa lima lap, Marquez mempersempit jarak menjadi 0,122 detik.

Baik Marquez dan Bagnaia sempat saling menyalip pada beberapa lap terakhir jelang balapan usai. Bahkan di tikungan 10, ban bagian depan motor Bagnaia menyentuh tubuh dan motor Marquez. Namun tidak ada yang terjatuh dalam insiden tersebut.

Bagnaia akhirnya bisa mempertahankan posisi pertama di MotoGP Spanyol 2024. Marquez meraih podium kedua dan Bezzecchi di podium ketiga.

Kemenangan di MotoGP Spanyol 2024 membuat Bagnaia menyodok ke peringkat kedua klasemen MotoGP 2024. Bagnaia kini tertinggal 17 poin dengan Jorge Martin yang masih menempati puncak klasemen.

Sedangkan Marc Marquez naik satu peringkat ke posisi keenam dengan koleksi 60 poin.

Klasemen MotoGP 2024 Usai MotoGP Spanyol:

1. Jorge Martin 92 poin
2. Francesco Bagnaia 75
3. Enea Bastianini 69
4. Pedro Acosta 69. **