Nasional

Maluku Utara dan Sulawesi Utara Siaga Tsunami

JAKARTA - Gempa berkekuatan 7,3 SR di perairan Maluku berpotensi tsunami. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperingatkan siaga dan waspa tsunami di wilayah Maluku Utara, Sulawesi Utara dan Gorontralo.
 
Kepala Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan daerah-daerah yang berstatus siaga adalah Halmahera, Halmahera Utara, Kepulauan, Bolaangmongondow Bagian Selatan, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Talaud, Minahasa Bagian Selatan, Minahasa-Selatan Bagian Selatan.
 
Selain itu, daerah Sulawesi Utara meliputi Minahasa Utara Bagian Selatan, Minahasa-Utara Bagian Utara.
 
Sementara itu daerah-daerah berstatus waspada, Gorontalo Bagian Utara, Seram Bagian Barat, Maluku, Halamahera Selatandan Kota Ternate.
 
"Pemerintah Propinsi Kabupaten dan Kota yang berada pada status Awas diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi menyeluruh,” kata Sutopo, Sabtu (15/11/2014).
 
Untuk yang berstatus siaga, Sutopo berharap agar pemerintah setempat memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi. “Status Waspada diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai,” sambungnya. (rep05)