Fokus Rohil

Daging Kurban di Temukan Bercacing.

ils

BAGANSIAPIAPI - Daging kurba idul adha 1435 H tahun 2014 di Mushalla Kita Jalan Madrasah Kelurahan Bagan Timur Kecamatan Bangko Rokan Hilir di temukan bercacing di dalam daging kurban. Kejadian ini sontak membuat panitia korban penasaran, karna ada cacing di dalam daging. Pada hal sebelumnya hewan kurban terlihat sehat.
 
"Dari 9 hewan kurban yang di potong satu kurban nya di temukan ada cacing di dalam daging kurban, namun hewan kurban lainya tidak ada,"ujar Dapit, salah satu panitia pemotong hewan kurban, Minggu (5/10) di Bagansiapiapi.

Dapit menceritakan, ketika hewan kurban selesai di potong, panitia langsung melakukan pembersihan hewan kurban satu persatu. Kulit dan seluruh daging di potong untuk di lakukan penimbangan,"namun ketika di potong dagingnya, di temukan satu sapi ada cacing di didalam dagingnya. Cacing itu di temukan di bagian paha sapi, panjangnya sekitar 3 cm. Setelah itu cacing nya kami buang ke parit,"tertangnya.

Lanjutnya, panitia pemeriksaan daging kurban juga terlambat datangnya ke lokasi pemotongan hewan kurban, sehinga kualitas dan kesehatan daging kurban tidak terlihat. Namun di pastikan semua hewan kurban sehat semua,"memang ada pengawas hewan kurban yang datang melihat mushalla kamu, namun kedatangan mereka sedikit terlambat. Karna ketika daging kurban sudah di bagikan baru mereka datang, namun kita tidak tahu dari mana mereka atang. Mungkin saja dari MUI atau dinas perternakan,"beber Dapit.

Pantauan di lapangan, daging Kurban di Mushalla Kita berjumlah 9 ekor, satu ekor Kambing, dan 2 ekor Kerbau. Dimana di mushalla tersebut tempat kurban Bupati Rohil, H. Suyatno. Bupati mengkurban di Madrasah tersebut sebuah kerbau. Hewan kurban baru di bagikan ke masyarakat selesai sholat Ashar.(anto).