Riau Raya

Horee, Lansia di Riau akan Dapat Jatah Rp300 Ribu

PEKANBARU-Dalam waktu dekat, Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Riau akan memberikan santunan kepada masyarakat lanjut usia (Lansia) sebesar Rp300 ribu tiap triwulan. Program ini untuk meringankan beban lansia yang sudah tidak lagi produktif dan dianggarkan pada APBN melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Suratno membenarkan hal itu. Menurutnya, santunan itu diberikan langsung oleh pusat dan Dinsos hanya melakukan pendataan saja. "Melalui kita, para lansia di Riau akan mendapatkan santunan sebesar Rp300 ribu perorang. Makanya kini kita sedang mendata para lansia," sebutnya.

Dikatakan Sunarto, sistem penyaluran bantuan itu nantinya akan cairkan dengan bekerjasama oleh kantor pos. "Program ini pertama kali digulirkan pada tahun 2006 silam dan akan berlanjut tahun ini. Sementara di Riau sendiri sudah terdata sebanyak 600 orang lansia yang menyebar di seluruh kabupaten/kota," paparnya.

Di samping itu, sambung Suratno, pihaknya masih memiliki banyak program lain melalui dana  APBN. "Para lansia kan tidak produktif lagi. Mereka banyak yang tidak lagi bekerja bahkan terbaring sakt di tempat tidur. Ini perlu mendapat bantuan. Bahkan, kita memiliki bantuan lain seperti santuanan fakir miskin, masyarakat terlantar yang semuanya dianggarkan melalui APBN," katanya. (rep02)